Kamis 05 Oct 2023 17:17 WIB

Makin Seru, Emoji Kini Bisa Dipakai untuk Pesan Gmail

Cara kerjanya mirip dengan penggunaan emoji di media sosial.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google kini memastikan akan menghadirkan reaksi emoji ke layanan Gmail dan akan diluncurkan secara bertahap./ilustrasi
Foto: Gizmodo
Google kini memastikan akan menghadirkan reaksi emoji ke layanan Gmail dan akan diluncurkan secara bertahap./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google menambahkan fitur reaksi emoji untuk Gmail. Kabar tentang keberadaan fitur ini telah beredar sejak bulan lalu. Google kini memastikan akan menghadirkan reaksi emoji ke layanan Gmail dan akan diluncurkan secara bertahap. Itu dimulai bagi para pengguna Android dan kemudian untuk pengguna web dan iOS dalam beberapa bulan ke depan.

Jika pengguna memiliki akses, mereka akan melihat daftar reaksi emoji di bagian bawah pesan e-mail. Klik reaksi emoji tersebut jika hendak membalas pesan dengan fitur tersebut. 

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Kamis (5/10/2023), sepertinya fitur ini akan mirip dengan cara kebanyakan dari pengguna menggunakan emoji untuk bereaksi terhadap postingan media sosial. Pengguna dapat menyentuh dan menekan reaksi yang ada untuk melihat siapa yang menambahkannya serta mengetuk untuk menggunakan kembali reaksi yang ditambahkan orang lain.

Namun seperti halnya iMessage Tapbacks Apple yang paling berguna di iOS, reaksi emoji akan bekerja paling baik di Gmail. Bagi yang menggunakan klien email pihak ketiga, reaksi setiap orang akan diterima sebagai email terpisah.

Lalu ada beberapa batasan lagi, di mana pengguna tidak akan dapat menggunakan reaksi emoji dengan akun sekolah atau kantor. Mereka juga tidak akan tersedia jika pesan dikirim ke lebih dari 20 orang, ke daftar email grup, jika Anda telah di-bcc, dan dalam beberapa kasus lainnya. Namun yang terpenting, pengguna tidak akan dapat bereaksi terhadap pesan jika Anda telah mengirimkan lebih dari 20 reaksi terhadap pesan tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement