Selasa 03 Oct 2023 18:38 WIB

Tiket Boarding Pass Ternyata Berisi Kode Rahasia, Simak Maknanya

Ternyata boarding pass dapat menyimpan informasi penting tentang perjalanan Anda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Boarding pass dapat menyimpan informasi penting tentang perjalanan Anda, mulai dari nomor pesanan hingga kemungkinan Anda kena pemeriksaan tambahan/ilustrasi
Foto: republika
Boarding pass dapat menyimpan informasi penting tentang perjalanan Anda, mulai dari nomor pesanan hingga kemungkinan Anda kena pemeriksaan tambahan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penumpang boleh jadi hanya melihat sekilas boarding pass mereka untuk mengetahui kursi mana yang mereka duduki. Namun, ada baiknya mengetahui arti di balik kode lain yang ada di dalam boarding pass tersebut.

Anda akan menemukan bahwa boarding pass dapat menyimpan informasi penting tentang perjalanan Anda, mulai dari apakah Anda terpilih untuk pemeriksaan keamanan tambahan hingga apakah Anda termasuk penumpang terakhir yang naik ke pesawat. Berikut daftarnya, dilansir DailyMail, Selasa (3/10/2023):

Baca Juga

 

1.Nomor pesanan

Ini adalah kode enam digit, terdiri dari angka dan huruf yang berfungsi sebagai sertifikat digital dan memungkinkan Anda menyelesaikan check-in online dan mengelola pemesanan Anda. Dikenal sebagai PNR atau Referensi Nama Penumpang, ini digunakan oleh staf maskapai penerbangan untuk mengakses informasi pemesanan Anda. Selain itu, nomor pesanan juga berisi informasi tentang apakah Anda telah meminta preferensi makanan dan bantuan khusus.

 

2.SSSS

Anda mungkin melihat SSSS tercetak di boarding pass Anda jika Anda bepergian di Amerika Serikat (AS). Tanda ini berarti seleksi pemeriksaan keamanan sekunder dan Anda telah dipilih untuk pemeriksaan keamanan tambahan oleh Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Pemeriksaan yang ditingkatkan biasanya melibatkan pemeriksaan seluruh tubuh, gelombang tongkat pendeteksi logam tambahan, dan usap pendeteksi bahan peledak pada bagasi Anda.

 

3.Lihat agen

Jika Anda melihat pesan ini muncul di boarding pass Anda, itu bisa berarti beberapa hal. Ini mungkin berarti Anda belum mendapatkan kursi dalam penerbangan dan Anda perlu berbicara dengan agen khusus untuk menyelesaikannya. 

Selain itu, kode juga berarti Anda akan bepergian dengan penerbangan codeshare. Artinya penerbangan tersebut dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang berbeda dari maskapai yang Anda pesan.

 

4.Nomor SEQ

Ada satu kode khusus yang banyak dicari oleh para frequent flyer. Salah satu tanda paling menarik pada boarding pass adalah nomor "SEQ XXX". Ini menunjukkan urutan penumpang melakukan check-in untuk penerbangan. Banyak frequent flyer berusaha keras untuk mendapatkan SEQ 001 yang didambakan.

 

5.Nomor penerbangan

Kode ini mewakili penerbangan spesifik yang akan Anda ambil dan biasanya muncul dalam dua huruf kapital diikuti empat angka. Penumpang dapat memeriksa nomor penerbangan mereka di papan keberangkatan bandara untuk mengetahui kapan penerbangan mereka berangkat. 

Bagian pertama dari nomor tersebut menunjukkan maskapai penerbangan sedangkan bagian kedua mengacu pada penerbangan tertentu. Misalnya, nomor penerbangan 'FR964' berisi 'FR' untuk Ryanair dan '964' untuk rutenya.

 

6.Kode bandara

Kode tiga huruf ini mengacu pada bandara keberangkatan dan kedatangan Anda. Contohnya termasuk JFK yang mengacu pada Bandara Internasional John F Kennedy di New York dan LHR yang mengacu pada Bandara Heathrow London.

 

7.Penugasan kursi

Tempat duduk Anda biasanya ditandai dengan kombinasi huruf dan angka, misalnya '12A'.

 

8.Persinggahan

Jika Anda bepergian dengan persinggahan atau singgah, boarding pass Anda kemungkinan besar berisi kode 'S/O'. Jika persinggahan Anda lebih dari beberapa jam, ini mungkin muncul sebagai 'SPTC'. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement