Senin 02 Oct 2023 18:24 WIB

Microsoft Garap Windows 12, Apa yang Menarik?

Microsoft dilaporkan sedang mengerjakan varian baru Windows 12.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft dilaporkan sedang mengerjakan varian baru Windows 12 yang berfokus pada web/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Microsoft dilaporkan sedang mengerjakan varian baru Windows 12 yang berfokus pada web/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft dilaporkan sedang mengerjakan varian baru Windows 12 yang berfokus pada web, menurut berbagai sumber yang dekat dengan perusahaan tersebut. Varian baru ini dikabarkan akan disesuaikan untuk pasar tertentu, seperti sektor pendidikan.

Windows 12 yang berfokus pada web tidak akan menggantikan pengalaman desktop Win32 tradisional, tetapi menawarkan versi Windows yang lebih modern, modular, dan ringan untuk perangkat pendidikan kelas bawah.

Baca Juga

Dikutip dari Gizmochina, Senin (2/10/2023), Microsoft telah mengkonfirmasi hal itu dalam memo internal bahwa mereka sedang membentuk tim baru, “Windows dan Web Experience”, untuk mengembangkan produk Windows dan web generasi berikutnya. Daftar pekerjaan untuk tim juga mengonfirmasi bahwa Microsoft berencana untuk “mendefinisikan dan menghadirkan pengalaman serta aplikasi Windows generasi berikutnya yang menjangkau seluruh Klien dan Cloud.

Selain itu, menurut Windows Latest, varian Windows 12 yang berfokus pada web diperkirakan akan sangat bergantung pada Microsoft Edge dan kecerdasan buatan (AI). Misalnya, Microsoft dilaporkan sedang menjajaki cara menggunakan AI untuk membuat Microsoft Edge lebih cerdas dan bertujuan memahami konten web serta perilaku pengguna. Integrasi ini diharapkan dapat mempengaruhi perkembangan Windows 12 secara signifikan.

Microsoft telah berupaya memodernisasi Windows dan memisahkan lapisan komponennya dalam beberapa tahun terakhir, sebagai upaya menciptakan versi sistem operasi yang lebih ringan. Salah satu contoh karya ini adalah Windows 10X yang dimaksudkan untuk menjadi pesaing Chrome OS. Namun, Windows 10X tidak pernah sampai ke pasar, melainkan masih dalam tahap percobaan.

Kendati demikian, Windows 12 yang berfokus pada web diperkirakan akan tiba pada tahun 2024. Masih harus dilihat fitur dan peningkatan apa lagi yang akan disertakan Microsoft dalam varian baru ini, tetapi jelas bahwa perusahaan tersebut serius untuk bersaing dengan Chrome OS di bidang pendidikan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement