Selasa 03 Oct 2023 12:56 WIB

5 Kiat Jitu Redam Stres, Coba Deh

Cara-cara seperti olahraga hingga membatasi media sosial bisa membantu redam stres.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Melakukan yoga (ilustrasi). Yoga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengatasi stres.
Foto: Dok www.freepik.com
Melakukan yoga (ilustrasi). Yoga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengatasi stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sering kali seseorang mendapati kenyataan yang masih belum sesuai harapan. Hal itu bisa berujung menimbulkan stres. Namun penting untuk selalu mengatasi kekhawatiran yang mengganggu. Cara-cara seperti olahraga, membatasi media sosial, memelihara hewan dan bersosialisasi, bisa turut membantu meredakan stres. Berikut 5 tips lainnya agar merasa lebih tenang, seperti dikutip dari laman Women’s Health, Selasa (3/10/2023).

 

Baca Juga

1. Memaafkan orang lain

Masih terluka karena perbuatan orang lain? Pertimbangkan untuk melepaskan beban tersebut. “Terkadang Anda mungkin takut bahwa Anda 'menyerah' jika melepaskan dendam, namun Anda hanya memberi diri Anda kesempatan untuk tidak membiarkan sesuatu yang terjadi di masa lalu mempengaruhi masa depan Anda,” kata Elana Miller MD, seorang psikiater integratif di Los Angeles.

Pilihan memaafkan tidak hanya akan membantu Anda melanjutkan hidup, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa ini dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres.

 

2. Dengarkan musik yang disukai

Mendengarkan musik dengan tujuan bersantai membantu menurunkan kadar kortisol (hormon stres) pada mahasiswa selama ujian, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology. 

 

3. Minumlah teh secara perlahan

Memegang secangkir teh di tangan Anda dapat membuat Anda merasa nyaman dan damai, dan bersikap penuh perhatian dapat meningkatkan manfaatnya, menurut instruktur meditasi yang berbasis di New York City, Kirat Randhawa. 

 

4. Periksakan “hal” yang mengkhawatirkan 

Penelitian menunjukkan bahwa ketidakpastian jauh lebih membuat stres daripada mengetahui apa yang diharapkan, baik atau buruk. Jadi, berkonsultasi bisa menjadi pilihan tepat saat mengkhawatirkan sesuatu.

 

5. Ambil satu tindakan kecil

Entah merasa khawatir tentang politik, kecemasan terhadap lingkungan, atau ketidakadilan rasial, kecemasan mengenai suatu hal bisa membuat kewalahan. Namun mengambil tindakan nyata setiap hari, seperti membantu kampanye, menyumbangkan waktu atau uang, hingga bersepeda daripada mengemudi, jika perubahan iklim membebani Anda, akan membawa Anda satu langkah lebih dekat ke dunia yang lebih baik dan mungkin membuat diri merasa lebih berdaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement