Rabu 27 Sep 2023 16:43 WIB

Makna di Balik Logo Baru Facebook

Warna biru cerah pada Facebook kini lebih gelap dari sebelumnya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perubahan logo Facebook dari waktu ke waktu.
Foto: Gizchina
Perubahan logo Facebook dari waktu ke waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna Facebook yang teliti mungkin sudah menyadari bahwa aplikasi media sosial Facebook kini punya logo baru. Perusahaan induk Facebook, Meta, menyebut pembaruan logo itu sebagai bagian dari perubahan dan penguatan identitas visual Facebook.  

Perubahannya memang tidak banyak dari logo sebelumnya, dengan warna biru yang agak berbeda dan huruf yang sedikit lebih tebal. Transformasi itu merupakan salah satu upaya Meta yang lebih luas dalam mengubah citra produknya untuk Metaverse.

Baca Juga

Dikutip dari laman GizChina, Rabu (27/9/2023), logo baru Facebook tetap berupa huruf "f" berwarna putih, berada dalam lingkaran berwarna biru. Bedanya, warna biru cerah itu lebih gelap dari sebelumnya. Huruf "f" sedikit lebih tebal sehingga lebih mudah dibaca.  

Perubahannya sekilas tidak kentara, namun jika dijajarkan dengan logo lama, perbedaan keduanya terlihat jelas. Apa makna di baliknya? Facebook mendeskripsikan desain baru tersebut sebagai logo yang "lebih berani, bersemangat, dan abadi".  

Dalam postingan yang sama, perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka memperbarui reaksi emoji untuk membangkitkan lebih banyak dimensi dan emosi. Perusahaan juga mengatakan akan meluncurkan rangkaian Dynamics Color baru, termasuk biru muda, biru langit, biru tua, serta biru laut yang lebih tua.

Terkait huruf di logo baru Facebook, itu merupakan font khusus, yakni Facebook Sans, yang telah didesain ulang agar lebih konsisten dan meningkatkan keterbacaan Facebook. Sebelum ini, logo Facebook sudah beberapa kali mengalami perubahan. 

Semula, logo Facebook berupa huruf "f" kecil yang berada dalam kotak dengan sudut melengkung berwarna biru. Beberapa perubahan setelahnya termasuk sudut kotak atau posisi huruf "f". Lantas, kotak itu diubah jadi lingkaran, yang bertahan hingga logo Facebook terkini.

Dari berbagai perubahan itu, yang tetap konsisten adalah warna putih dan biru yang jadi ciri khas Facebook. Reaksi dari warganet terhadap perubahan logo teranyar cukup beragam, tetapi Meta tetap dengan keputusannya atas perubahan tersebut. 

Belum jelas apakah logo Facebook itu sudah tidak akan diganti lagi atau bisa mengalami perubahan lain di masa depan. Namun, kemungkinan besar perusahaan bakal melakukan penyesuaian pada produk dan mereknya seiring zaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement