Senin 25 Sep 2023 22:47 WIB

Spotify Uji Coba Fitur AI untuk Terjemahkan Podcast

Spotify telah berinvestasi secara agresif dalam beberapa tahun terakhir.

potify Technology (SPOT.N) sedang menguji fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang akan menerjemahkan podcast.
Foto: Pexels
potify Technology (SPOT.N) sedang menguji fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang akan menerjemahkan podcast.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spotify Technology (SPOT.N) sedang menguji fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang akan menerjemahkan podcast seperti Dax Shepard dan Lex Fridman ke bahasa lain. Kabar tersebut diungkapkan perusahaan pada Senin.

Pemunculan fitur baru menandai upaya perusahaan Swedia ini untuk memanfaatkan AI generatif, teknologi yang menggemparkan dunia setelah munculnya ChatGPT. Menurut perusahaan, cara terbaru ini bisa menjangkau pengguna baSru dan meningkatkan pendapatan.

Baca Juga

Fitur terjemahan didukung oleh teknologi penghasil suara OpenAI yang baru dirilis dan didukung Microsoft. Nantinya, fitur akan meniru gaya pembicara asli dan akan memberikan hasil natural dibandingkan sulih suara tradisional.

Dilansir Reuters, Senin (25/9/2023), perusahaan juga bekerja sama dengan podcaster lain termasuk Monica Padman, Bill Simmons, dan Steven Bartlett untuk fitur terbaru. Terjemahan suara akan tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Spanyol, Prancis, dan Jerman untuk sejumlah episode katalog tertentu dan rilis dalam episode mendatang yang dapat memperluas pendengar.

Spotify telah berinvestasi secara agresif dalam beberapa tahun terakhir pada bisnis podcastnya. Ini dilakukan dengan harapan bahwa tingkat keterlibatan yang lebih tinggi akan mendatangkan lebih banyak pengiklan.

Namun, hal ini meningkatkan pengeluaran operasional perusahaan yang melonjak dua kali lipat kecepatan pertumbuhan pendapatannya tahun lalu. Selain itu, dunia usaha juga mengurangi belanja iklan karena kenaikan suku bunga dan inflasi yang tinggi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement