Ahad 24 Sep 2023 01:04 WIB

X akan Nonaktifkan Fitur Circles, Kapan Mulai Berlaku?

Meski banyak disukai, fitur ini akan segera dinonaktifkan dari platform X.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur Circles akan dinonaktifkan per 31 Oktober 2023.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Fitur Circles akan dinonaktifkan per 31 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Fitur Circles memungkinkan para pengguna media sosial eks Twitter, X, untuk berbagi unggahan hanya dengan sekelompok kecil orang. Meski banyak disukai, fitur ini akan segera dinonaktifkan dari platform X.

Berdasarkan pengumuman yang dimuat dalam laman resmi X, fitur Circles akan dinonaktifkan per 31 Oktober 2023. Setelah fitur dinonaktifkan, pengguna tak akan bisa menambahkan teman baru ke dalam Circles mereka. Pengguna juga tak lagi bisa membuat unggahan yang hanya ditujukan pada sekelompok kecil orang.

Baca Juga

Akan tetapi, seperti dilansir Engadget pada Sabtu (23/9/23), para pengguna masih bisa membuat sedikit penyesuaian seperti menghapus orang dari Circles mereka. Orang tersebut nantinya tak akan bisa melihat unggahan-unggahan lama milik pengguna yang ditujukan untuk Circles.

Fitur ini pertama kali dirilis pada Agustus 2022, beberapa bulan sebelum Elon Musk resmi membeli Twitter pada Oktober 2022. Fitur Circles diluncurkan setelah hampir empat bulan melalui masa uji coba.

Circles memiliki fungsi yang mirip seperti fitur Close Friends dalam media sosial Instagram. Dengan fitur Circles, pengguna bisa berbagi unggahan dengan teman-teman terdekat atau orang-orang yang memiliki kesamaan minat. Fitur ini juga sangat membantu para pengguna yang tidak ingin akunnya menjadi konsumsi publik sepenuhnya.

Fitur Circles sempat tersandung masalah pada April lalu. Kala itu, pengguna mendapati bahwa unggahan Circles mereka bisa dibaca oleh pengguna lain yang tidak tergabung di dalam Circles mereka. Insiden ini menjadi salah satu dari sejumlah masalah teknis yang dihadapi X setelah Musk mengambil alih media sosial tersebut.

Salah satu alasan yang mungkin membuat fitur Circles ini akan dinonaktifkan adalah minat yang relatif rendah. X mengungkapkan bahwa jumlah unggahan Circles paling tinggi terjadi selama masa uji coba. Namun setelah itu, Circles tak berhasil menarik perhatian banyak pengguna sehingga dianggap sebagai fitur yang tidak begitu esensial di dalam X. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement