Sabtu 23 Sep 2023 13:29 WIB

Ini Dia Deretan Kejutan dari Microsoft Surface

Microsoft mengumumkan produk dan layanan baru berteknologi AI.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft Surface Studio, diklaim PC tertipis di dunia.
Foto: Dok: Microsoft
Microsoft Surface Studio, diklaim PC tertipis di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Microsoft mengadakan acara jumpa media di Kota New York, Amerika Serikat, belum lama ini. Dalam acara ini, pihaknya menyampaikan beberapa pengumuman besar. Hal ini mencakup pembaruan pada produk dan layanan yang sudah ada. Di antara produk baru tersebut, mereka memiliki Microsoft Surface Laptop Go 3, Laptop Studio 2, Surface Hub 3, dan Surface Go 4.

Melansir Giz China, Sabtu (23/9/2023), selain perangkat Microsoft Surface baru, acara ini juga memperkenalkan peningkatan AI pada Windows 11, Microsoft 365, dan layanan iklannya. Inilah semua yang perlu Anda ketahui mengenai pengumuman ini.

Baca Juga

 

Studio Laptop Microsoft Surface 2

Microsoft Surface Laptop Studio 2 yang diluncurkan pada acara tersebut terlihat dan terasa sangat mirip dengan model asli yang diluncurkan pada tahun 2021. Dan seperti pendahulunya, Anda dapat menggunakan Laptop Studio 2 baru sebagai laptop tradisional dengan keyboard. Atau, Anda dapat menggantinya dan meletakkannya rata untuk digunakan seperti tablet.

Microsoft Surface Laptop 2 memiliki chip Intel Core generasi ke-13. Ada beberapa pilihan di departemen grafis. Anda bisa mendapatkan laptop dengan Nvidia RTX 2000 Ada Generation , RTX 4060, atau RTX 4050. Alternatifnya, Anda bisa mendapatkan laptop tanpa GPU khusus, yang dilengkapi dengan Intel Iris XE iGPU.

Microsoft Surface Laptop 2 akan hadir dengan adaptor pengisi daya 120 watt untuk model Nvidia. Selain itu, laptop ini memiliki layar 14,4 inci, RAM hingga 64GB, port USB-A, pembaca kartu MicroSD, dan penyimpanan hingga 2TB. Mengenai harga, mulai dari 1,999 dolar Amerika (Rp 30 juta) 

 

Laptop Microsoft Surface Go 3

Meskipun Laptop Studio 2 adalah laptop Microsoft Surface tercepat hingga saat ini, tersedia juga model entry-level. Namanya Laptop Go 3 yang hadir dengan layar sentuh berukuran 12,4 inci dan ditenagai prosesor Intel generasi ke-12. Meskipun mungkin bukan yang tercepat, ini adalah laptop Microsoft yang paling ringan dan portabel.

Namun performa Surface Laptop Go 3 tidak buruk. Tepatnya, laptop ini 88 persem lebih cepat dibandingkan model aslinya, sehingga Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan perangkat ini. Selain itu, Anda juga bisa membekali laptop tersebut dengan RAM 16GB dan penyimpanan hingga 512GB. Dan masa pakai baterai Laptop Go 3 dinilai 13,5 jam. Harganya mulai dari 799 dolar AS (Rp 12 juta).

 

Microsoft Surface Go 4

Microsoft juga telah mengumumkan Surface Go 4 di acara tersebut. Ini adalah versi mini terbaru dari tablet Surface Pro. Namun, Microsoft menjadikannya eksklusif untuk organisasi. Perusahaan berpendapat bahwa model baru ini bisa sangat berguna bagi para pekerja garis depan dan dunia usaha.

Microsoft Surface Go 4 hadir dengan prosesor Intel N200. Ini memiliki layar sentuh 10,5 inci dan menawarkan masa pakai baterai 11 jam dengan sekali pengisian daya. Selain itu, laptop mini ini dapat disambungkan ke monitor, sehingga menawarkan pengalaman seperti desktop. Ini juga dapat digunakan sebagai tablet atau laptop jika dipasangkan dengan keyboard.

 

Microsoft Surface Hub3

Microsoft juga telah memperbarui jajaran Surface Hub-nya di acara tersebut. Jika Anda tidak tahu tentang jajaran produk ini, ini adalah perangkat layar sentuh besar yang paling baik untuk digunakan di kantor. Surface Hub 3 terbaru hadir dalam dua varian. Yang satu memiliki layar 85 inci, sedangkan yang lainnya memiliki layar 50 inci.

Surface Hub 3 memudahkan pekerja kantoran untuk bergabung dalam panggilan video Tim. Dan ada beberapa fitur canggih yang dimasukkan ke dalam perangkat. Itu secara otomatis dapat menghapus latar belakang dan meningkatkan sesi panggilan video. Dalam hal kinerja, model Hub 3 baru 60 perssn lebih baik dalam hal pemrosesan dan 160 persen lebih baik dalam aplikasi grafis.

 

Pembaruan Windows 11 

Pada acara Microsoft Surface, Microsoft mengatakan akan meluncurkan pembaruan besar berikutnya untuk Windows 11 pada 26 September. Pembaruan ini akan menghadirkan Copilot baru ke mesin pencari Bing dan browser web Edge-nya. Setelah memperbarui sistemnya, pengguna dapat memanggil Copilot dengan menekan tombol Windows dan C secara bersamaan.

Selain itu, pembaruan Windows 11 yang baru akan menawarkan pengalaman yang lebih baik pada versi Windows berbasis cloud. Dalam acara Microsoft Surface, Microsoft mengatakan pengguna dapat langsung login ke cloud mereka sebagai pengalaman utama di PC. Selain itu, beberapa aplikasi inti Windows akan menerima pembaruan.

Itu termasuk alat snipping, yang akan memudahkan untuk mengeluarkan teks langsung dari tangkapan layar. Dan aplikasi Paint yang sudah lama ada akan mendapatkan facelift dengan bantuan AI generatif. Pengguna dapat mengetikkan beberapa kata teks dan memilih gaya, dan Paint akan secara otomatis menghasilkan gambar berdasarkan perintah. Ini pada dasarnya akan bekerja seperti Adobe Firefly.

Selain itu, aplikasi Notepad bawaan akan memiliki fitur penyimpanan otomatis. Fitur ini memungkinkan Anda langsung bekerja setelah Anda menutup aplikasi dan membukanya kembali. Sorotan lain untuk Windows 11 dari acara Microsoft Surface mencakup fitur pencadangan yang lebih baik. Berkat ini, akan mudah untuk mengaktifkan dan menjalankan sistem Anda setelah Anda memutuskan untuk memulihkan Windows.

 

Integrasi Kopilot

Microsoft telah mengintegrasikan AI generatif ke dalam alat periklanannya. Namun, Microsoft tidak banyak berkomentar mengenai integrasi di acara Surface. Yang kami tahu adalah Copilot akan menjawab pertanyaan pemasar untuk beriklan melalui antarmuka obrolan sederhana. Dan seiring berjalannya waktu, ini akan membantu mengotomatiskan proses pembuatan iklan.

 

Copilot

Selain itu, Microsoft Copilot akan dirilis secara besar-besaran untuk bisnis skala besar. Organisasi besar akan dapat mulai membayar Copilot di Microsoft 365 mulai tanggal 1 November. Dan saat ini, Microsoft telah mulai mengizinkan beberapa usaha kecil untuk mengikuti program akses awal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement