Kamis 21 Sep 2023 15:14 WIB

Tidak Perlu Repot Buat Daftar Belanjaan, Coba Pakai Aplikasi Ini

Aplikasi Reminders di iOS selalu menjadi cara populer untuk berbelanja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Membuat daftar belanjaan kini bisa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi (ILustrasi)
Foto: The Guardian
Membuat daftar belanjaan kini bisa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dalam berbelanja, ada orang yang suka menelusuri deretan rak saat berada di toko kelontong atau supermarket. Sedangkan yang lain, ada juga yang suka membuat daftar belanjaan yang membantu mereka mendapatkan barang yang diinginkan. 

Aplikasi Reminders di iOS selalu menjadi cara populer untuk berbelanja. Aplikasi itu dapat mengurutkan bahan makanan secara otomatis ke dalam kategori berbeda. 

Baca Juga

Berikut ini cara membuat daftar belanjaan yang diurutkan secara otomatis di Reminders di iOS 17, dilansir Ghacks, Kamis (21/9/2023). 

Pertama, buka aplikasi Reminders. 

Kedua, Tambahkan daftar baru. 

Ketiga, beri nama. Nama yang diberikan tidak harus Belanjaan atau Belanja, Anda bisa menamainya sesuka Anda. 

Keempat, ketuk Jenis Daftar, dan alihkan dari Standar ke Belanja. 

Kelima, ketuk Selesai (di bagian atas layar). 

Keenam, tambahkan beberapa bahan makanan. Aplikasi Reminders akan secara otomatis mengurutkan setiap jenis bahan makanan ke dalam kategorinya sendiri. 

Yang menjadi catatan adalah halaman web Apple untuk fitur tersebut menyatakan bahwa nama jenis daftarnya adalah Bahan Makanan. Aplikasi ini tidak memiliki opsi seperti itu, hanya menampilkan Belanja sebagai jenis daftar namun tetap berfungsi sama. 

Dokumentasi pada halaman tersebut sebenarnya cukup menyesatkan. Ia mengklaim bahwa Anda harus mengaktifkan iCloud untuk Reminders agar daftar Belanjaan dapat berfungsi. Ini salah, Anda dapat menonaktifkan iCloud untuk Reminders, dan fitur tersebut berfungsi dengan sempurna. 

Katakanlah Anda menambahkan Roti, Susu, Keju, Apel, Wortel, Tomat, Bawang. Aplikasi Reminders akan mengurutkan bahwa makanan secara otomatis ke dalam tiga kategori: Roti dan Sereal, Produk Susu, Telur & Keju, Buah & Sayuran. Ini akan membantu Anda berbelanja secara efisien saat Anda berkeliling toko kelontong, misalnya, ketika Anda berada di bagian produksi, Anda bisa mendapatkan item di bawah Buah & Sayuran, dan seterusnya dan seterusnya. 

Anda dapat mengurutkan item secara manual dengan menyeretnya ke tempat lain, jika Anda tidak menyukai kategori tempat aplikasi Reminders menempatkannya secara otomatis. Demikian pula, Anda dapat menarik dan melepas item dalam daftar untuk menyusun ulang sesuai kebutuhan Anda. Anda juga dapat mengganti nama kategorinya. 

Aplikasi Reminders juga memungkinkan Anda menambahkan bagian Anda sendiri untuk item yang tidak memiliki default. Misalnya, seseorang ingin membeli soda, dan menambahkan Coca Cola ke dalam daftar. 

Ketuk nama item, lalu pada tombol informasi (simbol i), dan gulir ke bawah ke “Bagian”. Ketuk di atasnya, lalu pada bidang yang bertuliskan “Bagian baru dengan pilihan”. Beri nama, misalnya Soda, dan tekan tombol Kembali. Ini akan menambahkan item yang dipilih ke dalamnya. 

Aplikasi Reminders mengingat preferensi Anda dan menambahkan item ke bagian yang sesuai saat berikutnya Anda membuat daftar belanjaan baru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement