Rabu 20 Sep 2023 13:05 WIB

Tidak Perlu Kerja Keras, Pakai 5 AI Ini untuk Kerja Cerdas

Teknologi AI kini terintegrasi dalam semua jenis platform produktivitas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
AI dapat membantu seseorang menyelesaikan tugas-tugas kecil setiap hari, sehingga menghemat banyak waktu. Orang jadi bisa lebih menghemat waktu dan melakukan hal yang mereka sukai./ilustrasi
Foto: Pexels
AI dapat membantu seseorang menyelesaikan tugas-tugas kecil setiap hari, sehingga menghemat banyak waktu. Orang jadi bisa lebih menghemat waktu dan melakukan hal yang mereka sukai./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pertumbuhan kecerdasan buatan (AI) generatif mungkin dimulai dengan peluncuran ChatGPT. Namun teknologi tersebut kini terintegrasi ke dalam semua jenis platform produktivitas yang bertujuan untuk membuat hidup pengguna lebih mudah.

Alat AI dapat membantu seseorang menyelesaikan tugas-tugas kecil setiap hari, sehingga menghemat banyak waktu. Orang jadi bisa lebih menghemat waktu dan melakukan hal yang mereka sukai.

Baca Juga

Berikut lima alat AI yang direkomendasikan untuk mendukung pekerjaan seperti profesional, seperti dikutip dari laman Zdnet, Rabu (20/9/2023). 

 

1. Bing Chat

Bing Chat memungkinkan pengguna memanfaatkan berbagai kemampuan di satu tempat, termasuk pembuatan gambar AI dan jawaban berdasarkan informasi web. Kegunaan lainnya termasuk mengoreksi tata bahasa dengan cepat sebelum pengguna mengirim pesan atau menulis ulang pemikiran ketika tidak dapat mengucapkan kata-kata yang tepat. Bing Chat juga bisa memberikan jawaban informasi lebih lanjut mengenai sebuah topik tersebut dengan mengklik kalimat yang diberikan. 

 

2. Canva Pro

Canva memiliki beberapa fitur AI yang luar biasa untuk desain grafis, termasuk generator gambar AI. Bagi yang membutuhkan bantuan untuk konten visual, Canva Pro adalah pilihan yang lebih baik daripada generator gambar AI tradisional, seperti DALL-E 2 atau Midjourney. Beberapa fitur utama Canva Pro antara lain Text to Image, Magic Edit, Magic Design, Magic Eraser, dan Beat Sync.

 

3. Otter.ai 

Dengan Otter.ai, Anda dapat mengimpor rekaman suara dan menyalin percakapan sepenuhnya dalam hitungan menit. Asistennya menyertakan sebutan pembicara, stempel waktu, dan transkripsi yang cukup akurat. Seorang reporter misalnya menggunakan layanan transkripsi lain, tetapi Otter.ai unggul dalam hal akurasi.

 

4. ChatPDF

Alat ini sepenuhnya gratis. ChatPDF berisi banyak informasi yang sulit dicerna. Membaca jurnal ilmiah atau makalah penelitian bisa jadi sulit karena banyaknya jargon. ChatPDF siap menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memberikan ringkasan terperinci. Ini juga bisa digunakan untuk memeriksa ulang temuan dan menyelaraskan kesimpulan dengan apa yang sebenarnya tertulis di PDF.

 

5. Grammarly 

Grammarly  adalah alat yang sering diabaikan. Platform ini terkenal dengan kemampuannya memeriksa ejaan, tata bahasa, keringkasan, dan banyak lagi dalam tulisan sehari-hari. Meskipun unggul dalam tugas-tugas tersebut, alat ini dapat melakukan lebih banyak hal.

Dengan GrammarlyGO, yang masih dalam versi Beta, namun tersedia untuk digunakan, Anda dapat menggunakan Grammarly untuk membuat teks. Anda dapat memilih suara, yang mencakup opsi formalitas dan nada, untuk membantu menulis pesan untuk berbagai platform, seperti LinkedIn atau Email.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement