Selasa 19 Sep 2023 12:33 WIB

Apple iPhone 15 Plus vs Google Pixel 7 Pro, Mana Lebih Baik?

Simak perbandingan iPhone 15 Plus dan Google Pixel 7 Pro.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple baru saja mengeluarkan seri iPhone terbaru, iPhone 15. Ada sejumlah peningkatan yang terlihat, seperti port USB-Type C. Di sisi lain, Apple memiliki pesaing, yaitu Google Pixel 7 Pro. /ilustrasi
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Apple baru saja mengeluarkan seri iPhone terbaru, iPhone 15. Ada sejumlah peningkatan yang terlihat, seperti port USB-Type C. Di sisi lain, Apple memiliki pesaing, yaitu Google Pixel 7 Pro. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru saja mengeluarkan seri iPhone terbaru, iPhone 15. Ada sejumlah peningkatan yang terlihat, seperti port USB-Type C. Di sisi lain, Apple memiliki pesaing, yaitu Google Pixel 7 Pro. 

Sambil menunggu peluncuran Pixel 8 Pro, yuk simak perbandingan iPhone 15 Plus dengan ponsel Android, seperti dilansir Android Police, Selasa (19/9/2023):

Baca Juga

1.Harga, ketersediaan, dan spesifikasi

Seperti disebutkan sebelumnya, harga Apple iPhone 15 Pro sangat mirip dengan Google Pixel 7 Pro. Mulai dari 899 dolar AS atau sekitar Rp 13,8 juta untuk model dasar 128GB dan naik menjadi 1.199 dolar AS atau sekitar Rp 18,4 juta untuk model 512GB kelas atas. 

Pixel 7 Pro juga mulai dari 899 dolar AS untuk model 128GB. Namun, model 512GB hanya berharga 1.099 dolar AS atau sekitar Rp 16,8 juta. Jika Anda menunggu satu bulan lagi, harganya pasti akan lebih terjangkau setelah hadirnya seri Pixel 8 yang akan diluncurkan pada 4 Oktober.

 

2.Desain

Secara umum, Apple mempertahankan desain iPhone 15 Plus yang sama seperti pendahulunya. Model Plus kini dilengkapi Dynamic Island untuk kamera depan dan berbagai sensor ID Wajah. Perubahan lain pada iPhone 15 Plus adalah penyertaan bagian belakang kaca dengan infus warna, bukan bagian belakang kaca biasa, dan sentuhan akhir lembut, bukan lapisan mengkilap.

Di sisi lain, Pixel 7 Pro memiliki bilah kamera belakang yang membentang di seluruh lebar bagian belakang. iPhone 15 Plus memiliki keunggulan pada pilihan warna karena Anda dapat memilih dari lima warna sedangkan Pixel 7 Pro hanya memiliki tiga pilihan warna.

 

3.Display

Anda mendapatkan layar OLED 6,7 inci di iPhone 15 Plus dan Google Pixel 7 Pro, dengan rasio layar-ke-tubuh yang serupa dan kecerahan khas 1.000 nits. Namun iPhone dapat mencapai kecerahan puncak hingga 2.000 nits bila diperlukan, dibandingkan dengan Pixel yang mencapai 1.500 nits.

Kecerahan puncak yang lebih tinggi ini juga akan berguna saat menikmati konten Dolby Vision HDR di iPhone 15 Plus. Sayangnya, Pixel 7 Pro tidak memiliki dukungan Dolby Vision dan hanya dapat memecahkan kode format HDR10 dan HDR10+.

 

4.Performa dan masa pakai baterai

Apple menggunakan chip A16 Bionic di iPhone 15 Plus, chip yang sama yang ditemukan di iPhone 14 Pro dan Pro Max. Chip tersebut sangat kuat yang dapat menangani hampir semua hal yang Anda lakukan. 

Berbeda dengan Apple, Google telah mengemas chip Tensor G2 yang lebih baru di Pixel 7 Pro. Chip itu memberikan kinerja luar biasa sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memainkan game dengan grafis intensif atau multitasking di Pixel 7 Pro.

Mengenai masa pakai baterai, saat ini belum diketahui spesifikasi baterai pasti dari iPhone 15 Plus. Kemungkinan baterai tersebut memiliki baterai 4.323mAh yang sama dengan iPhone 14 Plus. Sebagai perbandingan, Pixel 7 Pro memiliki baterai 5.000mAh. 

 

5.Mengisi daya

Sebagai hiburan, Pixel 7 Pro mendukung pengisian daya berkabel 23W (melalui pengisi daya USB-PD dan PPS apa pun dengan daya 23W atau lebih) dan pengisian daya nirkabel (melalui Google Pixel Stand (generasi ke-2). Ini berarti pemilik Pixel 7 Pro dapat mengisi daya ponselnya lebih cepat dibandingkan pemilik iPhone 15 Plus.

 

6.Perangkat lunak

Meskipun iPhone 15 Plus menggunakan iOS 17, Pixel 7 Pro berjalan pada Android 13. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, iOS dan Android adalah sistem operasi yang sangat berbeda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Meski begitu, keduanya cukup mumpuni dan sangat cocok untuk kebutuhan smartphone modern.

 

7.Kamera

Selain diperkenalkannya Dynamic Island, perubahan terbesar yang dihadapi konsumen pada iPhone 15 Plus dari 14 Plus ada pada sistem kamera. Apple telah meningkatkan kamera utama pada model Plus baru menjadi sensor 48MP dengan lensa f/1.6. Namun kamera ultrawidenya tetap beresolusi 12MP dengan lensa f/2.4, begitu pula kamera depan 12MP dengan lensa f/1.9. 

Sedangkan kamera Pixel 7 Pro memiliki kamera utama 50MP dengan lensa f/1.85, kamera ultrawide 12MP dengan lensa f/2.2, dan kamera telefoto 48MP dengan lensa f/3.0. Ada juga kamera depan 10,8MP dengan lensa f/2.2.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement