Ahad 17 Sep 2023 09:27 WIB

Ini Jadwal Rangkaian Uji Coba Terbatas Kereta Cepat

Setiap perjalanan terbatas untuk 500 tempat duduk saja.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penumpang berfoto dengan rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat uji coba dari Jakarta menuju Bandung, di Stasiun Halim, Jakarta,  Jumat (15/9/2023). PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menjalankan ujicoba operasional dengan penumpang tidak berbayar dengan total 8 perjalanan per hari dari Stasiun Halim ke Tegalluar dan kapasitas penumpang 2200 orang per hari dari tanggal 14 September hingga 30 September 2023.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang berfoto dengan rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat uji coba dari Jakarta menuju Bandung, di Stasiun Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menjalankan ujicoba operasional dengan penumpang tidak berbayar dengan total 8 perjalanan per hari dari Stasiun Halim ke Tegalluar dan kapasitas penumpang 2200 orang per hari dari tanggal 14 September hingga 30 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang merupakan pengelola Kereta Cepat Jakarta Bandung resmi membuka pendaftaran uji coba operasional kereta api cepat secara gratis untuk masyarakat umum. Kegiatan uji coba operasional ini memberikan kesempatan pada masyarakat untuk merasakan pengalaman menggunakan kereta api dengan kecepatan tinggi hingga 350 km per jam. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba KA Cepat ini suddah dapat melakukan pendaftaran melalui situs http://ayonaik.kcic.co.id/ mulai Ahad (17/9/2023). 

Baca Juga

“Kegiatan uji coba Kereta Cepat tidak berbayar bersama penumpang ini akan dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA Cepat,” kata Eva dalam keterangan resminya, Ahad (17/9/2023) pagi.

Adapun, selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa ujicoba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023.

Dari empat jadwal tersebut dua diantaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lainnya keberangkatan Stasiun Tegalluar. 

Jam keberangkatan setiap hari untuk relasi Stasiun Halim - Tegalluar pulang pergi yakni pada pukul 09.00 WIb dan 14.00 WIB 

Kemudian untuk jam keberangkatan relasi Stasiun Tegalluar - Halim pulang pergi juga pada pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIb 

Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan dilindungi oleh asuransi perjalanan. “Karena itu penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran,” ujar Eva. 

Ia menambahkan, calon penumpang turut diimbau agar memperhatikan jadwal Kereta Cepat yang dipilih dan datang selambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrian pada saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan. 

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum. 

Sementara untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar. 

Bersama dengan Damri, KCIC menyediakan delapan armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat untuk menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta. 

Selain Damri, kerjasama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan empat unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon. 

Shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh. “Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement