Jumat 15 Sep 2023 12:57 WIB

Apakah Kucing Juga Bisa Cemburu dan Stres?

Kecemburuan pada kucing bisa muncul sebagai bentuk agresi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kucing memang menunjukkan rasa cemburu, namun hal ini berbeda dengan rasa iri pada manusia.  (ilustrasi)
Foto: VOA/Reuters
Kucing memang menunjukkan rasa cemburu, namun hal ini berbeda dengan rasa iri pada manusia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat Anda mengelus kucing lain, apakah kucing Anda terlihat marah?Kucing Anda mungkin iri. Tapi bisakah kucing benar-benar cemburu? Jika ya, bagaimana mereka menunjukkannya dan apa yang dapat Anda lakukan?

Dilansir laman Pet MD, Jumat (15/9/2023), banyak orang, termasuk ahli perilaku hewan merasa bahwa kucing memang menunjukkan rasa cemburu, namun hal ini berbeda dengan rasa iri pada manusia.

Baca Juga

Kecemburuan pada manusia digambarkan sebagai pikiran atau perasaan tidak aman, takut, dan khawatir karena kurangnya harta atau rasa aman. Sedangkan pada kucing, kecemburuan bisa muncul sebagai agresi. Mereka menunjukkan agresi terhadap kucing lain yang mengancam keamanan mereka, terutama jika status atau wilayah mereka dikompromikan. Agresi sering kali muncul ketika kucing tidak merasa bisa mengendalikan lingkungannya.

Mengapa kucing cemburu? Kucing bisa menjadi cemburu dan stres karena beberapa alasan berbeda yang berkaitan dengan rasa tidak aman dalam beberapa hal. Rasa tidak aman bisa muncul kapan saja ada perubahan besar dalam rumah tangga dan kucing Anda tidak merasa bisa mengendalikan lingkungannya.

Orang atau hewan peliharaan baru di rumah dapat membuat kucing merasa cemburu dalam dua cara yaitu stres karena memiliki lebih sedikit sumber daya karena pendatang baru akan membawanya pergi, dan rasa tidak aman tentang tempat mereka di rumah dan jumlah perhatian yang akan mereka dapatkan dibandingkan dengan pendatang baru.

Kebanyakan kucing memiliki “wilayah rumah”, dan mereka mungkin pilih-pilih siapa yang menginjaknya. Jika kucing lain menyerang area ini, kucing akan sering menjadi stres dan mungkin menyerang si penyusup, mencoba mengusirnya dan memulihkan keamanannya.

Bisakah kucing cemburu pada kucing lain?

Kecemburuan atas kehadiran kucing lain adalah hal yang sangat umum terjadi. Semua kucing memiliki kepribadian yang berbeda, dan beberapa akan merasa tidak aman dan lebih mudah menunjukkan rasa cemburu dibandingkan yang lain. Penting untuk memperhatikan kucing Anda dan mengamati isyarat serta pemicunya.

Anda mungkin melihat kucing-kucing yang berantem ketika dua kucing stres karena harus hidup berdekatan satu sama lain. Kucing berantem bisa terjadi antara kucing yang tidak saling mengenal (misalnya kucing tetangga) maupun kucing yang tinggal bersama.

Sangat penting untuk berhati-hati saat memperkenalkan kucing baru ke rumah Anda. Agresi sering kali diperburuk oleh hormon, jadi memandulkan atau mensterilkan kucing dapat membantu. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk mendapatkan kiat tentang cara mengenalkan kucing baru dengan aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement