Rabu 13 Sep 2023 08:28 WIB

Perseverance Hasilkan Oksigen yang Cukup Jaga Anjing Tetap Hidup 10 Jam di Mars

NASA buktikan ekstraksi oksigen dari atmosfer Mars dapat dilakukan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
NASA Rover Perseverance dirancang untuk mengeksplorasi Mars dalam rangkaian misi Mars Science Laboratory NASA.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
NASA Rover Perseverance dirancang untuk mengeksplorasi Mars dalam rangkaian misi Mars Science Laboratory NASA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat penjelajah (rover) Perseverance mendarat di planet Mars pada Februari 2021, ia membawa Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE) yang bertujuan untuk mengekstraksi oksigen dari atmosfer Mars. Sejak itu, alat tersebut telah menghasilkan oksigen sebanyak 16 kali dan akhirnya menyelesaikan uji cobanya pada 7 Agustus 2023.

Selama waktu ini, dilansir IFL Science, Rabu (13/9/2023), Perseverance menghasilkan 12 gram (0,4 ons) oksigen per jam pada tingkat paling efisien. Jumlah itu dua kali lebih banyak dari yang diharapkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Selain itu, oksigen yang dihasilkan memiliki kemurnian 98 persen atau lebih tinggi.

Baca Juga

Dalam siaran pers yang mengumumkan keberhasilan misi tersebut, NASA menjelaskan bahwa total 122 gram (4,3 ons) oksigen yang dihasilkan akan cukup untuk membuat seekor anjing kecil tetap hidup selama 10 jam.

Manusia membutuhkan sekitar 840 gram (30 ons) oksigen sehari untuk bertahan hidup menurut NASA. Berarti oksigen yang dihasilkan oleh penjelajah tersebut akan menopang astronaut selama kurang dari 3,5 jam.

Wakil Administrator NASA Pam Melroy dalam siaran persnya mengatakan kinerja MOXIE yang mengesankan menunjukkan bahwa ekstraksi oksigen dari atmosfer Mars dapat dilakukan. Oksigen bisa membantu memasok udara untuk bernapas atau bahan bakar roket bagi astronaut masa depan.

“Mengembangkan teknologi yang memungkinkan kita menggunakan sumber daya di Bulan dan Mars sangat penting untuk membangun kehadiran Bulan dalam jangka panjang, menciptakan ekonomi bulan yang kuat, dan memungkinkan kita mendukung kampanye awal eksplorasi manusia ke Mars,” ujar Melroy.

Meskipun menjaga agar astronaut dan anjing mereka tidak mati sedikit pun merupakan hal yang mengesankan, NASA menjelaskan bahwa tinggal di planet ini akan membutuhkan bahan bakar dalam jumlah besar, dan akan menjadi tujuan utama untuk memproduksi oksigen sendiri selama kita berada di sana. Tim berencana untuk menyempurnakan MOXIE, serta menciptakan cara untuk mencairkan dan menyimpan oksigen yang dihasilkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement