Rabu 13 Sep 2023 01:39 WIB

Ini Cara Kosongkan Penyimpanan di iPhone tanpa Hapus Gambar Anda

Aktifkan Optimalkan Penyimpanan iPhone bila anda ingin meningkatkan ruang di iPhone

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Jika penyimpanan iPhone Anda hampir habis, periksa pengaturan ini sebelum Anda menghapus gambar, video, atau aplikasi Anda. Pertama, optimalkan foto dan video iPhone Anda.
Foto: EPA-EFE/WU HAO
Jika penyimpanan iPhone Anda hampir habis, periksa pengaturan ini sebelum Anda menghapus gambar, video, atau aplikasi Anda. Pertama, optimalkan foto dan video iPhone Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika penyimpanan iPhone Anda hampir habis, periksa pengaturan ini sebelum Anda menghapus gambar, video, atau aplikasi Anda. Pertama, optimalkan foto dan video iPhone Anda. 

Dilansir CNET, Selasa (12/9/2023), secara default, setiap kali Anda mengambil foto atau video, itu tersimpan dalam resolusi penuh di perangkat Anda. Jika Anda mengambil foto dan video dalam resolusi setinggi mungkin, hal tersebut dapat memakan cukup banyak ruang. Satu menit pengambilan video dalam 4K pada 60 fps memerlukan sekitar 400MB— hampir setengah GB. Itu cukup signifikan. 

Untuk mengoptimalkan foto dan video Anda, buka Pengaturan > Foto dan aktifkan Optimalkan Penyimpanan iPhone (agar ini berfungsi, Anda harus mengaktifkan pengaturan Foto iCloud di atasnya). Tergantung pada berapa banyak foto dan video yang Anda miliki di iPhone, ini mungkin memakan waktu cukup lama, namun setelah selesai, Anda akan melihat lebih banyak ruang di penyimpanan perangkat Anda.

Semua foto dan video beresolusi penuh kemudian ditransfer ke iCloud, sementara versi yang lebih kecil dan beresolusi lebih rendah disimpan di perangkat Anda, agar menggunakan lebih sedikit ruang. Jika Anda ingin mengakses foto dan video beresolusi lebih tinggi, Anda dapat masuk ke aplikasi Foto dan mengunduh file apa pun yang sedang dioptimalkan, tetapi ini memerlukan koneksi internet yang layak.

Foto dan video yang baru Anda ambil mungkin ada dalam resolusi penuh, jadi Anda tidak perlu mengunduh semua foto atau video. Jika Anda tidak memiliki cukup penyimpanan iCloud, lebih mudah untuk meningkatkan versi cloud Anda daripada membeli ponsel baru. Kisaran harga tergantung pada negara atau wilayah Anda. 

Untuk meningkatkan iCloud di iPhone Anda, buka Pengaturan > (nama Anda) > iCloud > Kelola Penyimpanan Akun > Beli Lebih Banyak Penyimpanan. Pilih paket lalu ikuti instruksinya. Jika Anda meningkatkan ke langganan iCloud berbayar, Anda akan mendapatkan akses ke iCloud+, yang juga menawarkan fitur Relai Pribadi iCloud dan Sembunyikan Email Saya. 

Kedua, bongkar aplikasi terbesar Anda. Anda tidak menggunakan setiap aplikasi yang tersimpan di iPhone Anda. Banyak di antaranya yang hanya diam saja, seperti aplikasi untuk maskapai penerbangan favorit Anda, kamera pihak ketiga,dan produksi musik. Meskipun Anda hanya menggunakannya sesekali, Anda mungkin tidak memerlukan akses harian yang konsisten ke sebagian besar aplikasi, itulah sebabnya Anda harus mempertimbangkan untuk membongkar aplikasi jika Anda sangat membutuhkan penyimpanan. 

Katakanlah misalnya Anda ingin mengunduh dan menginstal pembaruan iOS terbaru. Jika ini merupakan pembaruan besar, seperti iOS 16, Anda mungkin memerlukan sedikit lebih dari 5GB agar berhasil menginstal perangkat lunak. 

Jika ini adalah pembaruan poin, seperti iOS 16.1, Anda membutuhkan sekitar 1 GB. Dan jika Anda tidak memiliki cukup ruang penyimpanan untuk memperbarui, Anda dapat dengan cepat membongkar aplikasi, yang merupakan jalan tengah antara menyimpan dan menghapus aplikasi Anda. 

Buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone dan periksa aplikasi mana yang menggunakan penyimpanan paling banyak. Aplikasi bawaan tertentu seperti Foto dan Pesan tidak dapat diturunkan, jadi berhati-hatilah. Jika Anda menemukan aplikasi besar yang ingin Anda bongkar, ketuk aplikasi tersebut dan tekan Bongkar Aplikasi. Tunggu sebentar dan aplikasi akan dihapus secara daring, sementara dokumen dan data Anda akan tetap disimpan di perangkat Anda. 

Jika Anda memerlukan penyimpanan sementara, untuk mengunduh perangkat lunak, cukup buka daftarnya dan keluarkan setiap aplikasi yang Anda bisa. Jumlah yang diturunkan untuk setiap aplikasi akan bervariasi, namun Anda akan melihat nomor di sebelah Ukuran Aplikasi. 

Buang nomor di sebelah Dokumen & Data, karena itu akan tetap ada di perangkat Anda. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan menghapus aplikasi tersebut.

Keluarkan aplikasi sebanyak yang Anda perlukan hingga Anda memiliki cukup penyimpanan. Tentu saja Anda tidak dapat menggunakan aplikasi yang telah dipindahkan, tetapi jika Anda ingin mendapatkan kembali aplikasi yang telah dipindahkan buka Perpustakaan Aplikasi Anda dan ketuk tombol iCloud untuk mengunduh ulang. Jika aplikasi yang diturunkan ada di layar beranda Anda, cukup ketuk untuk mengunduhnya. Anda tidak perlu masuk ulang atau apa pun — Anda akan memiliki akses ke aplikasi seolah-olah aplikasi tersebut tidak pernah dihapus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement