Selasa 12 Sep 2023 11:26 WIB

Sering Merasa Malas? Yuk Lawan dengan Cara Ini

Sadari bahwa Anda tidak malas, perilaku Andalah yang malas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda ingin mengetahui cara berhenti bersikap malas, Anda perlu memahami alasan Anda bermalas-malasan, kemudian mengembangkan alat pengaturan emosi yang perlu Anda ubah. Ilustrasi
Foto: Telegraph
Jika Anda ingin mengetahui cara berhenti bersikap malas, Anda perlu memahami alasan Anda bermalas-malasan, kemudian mengembangkan alat pengaturan emosi yang perlu Anda ubah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Pernahkah Anda merasa malas? Apakah Anda ingin melawannya? Jika Anda ingin mengetahui cara berhenti bersikap malas, Anda perlu memahami alasan Anda bermalas-malasan, kemudian mengembangkan alat pengaturan emosi yang perlu Anda ubah.

Berikut delapan tips mengatasi rasa malas seperti dilansir laman Oberlo, Selasa (12/9/2023). 

Baca Juga

 1. Sadarilah bahwa Anda pada dasarnya tidak malas

Anda tidak malas, perilaku Andalah yang malas. Setelah bertahun-tahun bertindak dengan cara tertentu, sering kali kita berpikir bahwa "beginilah saya adanya". Namun, tidak ada yang jauh dari kebenaran.

Perilaku berulang menciptakan kebiasaan, dan kebiasaan kita menentukan keadaan hidup kita. Namun, kebiasaan tersebut tidak menentukan siapa kita. Semakin lama Anda bermalas-malasan, semakin sulit untuk menjadi produktif dan puas. Namun, hal ini sangat mungkin terjadi.

 

2. Pelajari penyebab kemalasan

Apakah Anda terus bertanya pada diri sendiri, “Mengapa saya begitu malas dan tidak termotivasi?” Jika iya, bagian ini cocok untuk Anda. 

Saat mempelajari cara berhenti bersikap malas, Anda perlu mengetahui apa yang Anda hadapi. Ternyata ada banyak penyebab rasa malas. Menurut Laura D. Miller, seorang psikoterapis dan psikoanalis berlisensi, "Kemalasan adalah kritik yang terlalu sering digunakan, sebuah penilaian karakter, yang tidak membantu kita memahami mengapa seseorang tidak mengerahkan upaya untuk melakukan apa yang ingin mereka lakukan, atau yang diharapkan untuk dilakukan. Jika kita meluangkan waktu untuk melakukannya memeriksa apa yang ada di balik penundaan dan penghindaran, kami menemukan serangkaian masalah yang lebih rumit."

 

3. Dapatkan perspektif dengan pertanyaan sederhana

Setelah Anda mengidentifikasi penyebab dan gejala kemalasan, inilah saatnya memperbaiki pola pikir Anda. Cara terbaik untuk memulai adalah dengan bertanya pada diri sendiri, "Akan seperti apa hidup saya satu tahun, dua tahun, lima tahun, dan sepuluh tahun jika saya tidak melakukan perubahan?”

Ini bisa menjadi pertanyaan yang sangat tidak nyaman dan menakutkan. Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak akan pernah mencapai tujuan atau menciptakan hubungan yang Anda inginkan dalam hidup. Mungkin Anda akan merasa sedikit takut dengan jawabannya. Namun, jika Anda ingin berhenti bermalas-malasan, pertanyaan ini dapat membantu memperjelas perlunya perubahan, dapat membantu menciptakan rasa urgensi untuk memperbaiki diri.

 

4. Terhubung dengan motivasi batin Anda

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi apa yang tidak Anda inginkan terjadi, sekarang saatnya menentukan kehidupan seperti apa yang Anda inginkan. Apa yang ingin Anda rasakan? Hubungan seperti apa yang akan Anda miliki? Apa yang ingin kamu lakukan? Baik Anda ingin menjadi bos bagi diri sendiri atau berkeliling dunia, berkreasilah. Anda bahkan dapat membuat papan visi. “Ciptakan visi termegah tertinggi dalam hidup Anda, karena Anda menjadi apa yang Anda yakini,” kata maestro media Oprah Winfrey.

 

5. Ambil tanggung jawab dan berdayakan diri Anda

Pada titik ini, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang di mana Anda berada dan di mana Anda ingin berada. Sekarang, sebelum Anda mulai berupaya mencapai kehidupan yang Anda inginkan, Anda perlu mengambil kembali kendali atas hidup Anda, untuk mengingat betapa mampu dan kuatnya Anda.

Bagaimana Anda bisa melakukan ini? Sederhana saja, bertanggung jawablah atas masa depan Anda.

 

6. Buat rencana aksi

Ada banyak cara berbeda untuk berhenti bersikap malas, jadi Anda perlu membuat peta jalan untuk menavigasi menuju kehidupan yang Anda inginkan. Untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan, dapatkan inspirasi dari orang-orang yang Anda kagumi, apa yang mereka lakukan untuk sukses dan bahagia? Apa yang mereka sarankan? 

Mulailah dari yang kecil. Mungkin Anda bisa membuat rutinitas pagi, mulai berolahraga, mulai bermeditasi, atau melakukan pekerjaan sampingan. Apa pun keputusan Anda, buatlah tetap sederhana dan jangan mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus. Setelah Anda membuat rencana tindakan, fokuslah untuk mengambil tindakan secara konsisten.

 

7. Bersikap baik kepada diri sendiri

Jika Anda ingin belajar bagaimana berhenti bersikap malas, Anda harus melatih rasa welas asih. Artinya, jika Anda melakukan kesalahan, menyia-nyiakan waktu, atau tidak bisa berhenti menunda-nunda , jangan menyalahkan diri sendiri. Pembicaraan diri sendiri yang negatif hanya akan menambah emosi yang membuat Anda bertindak malas. 

Tidak masalah jika Anda telah melakukan kesalahan jutaan kali dengan cara yang sama. Anda tidak dapat berbuat apa-apa kecuali belajar darinya dan menerapkan pelajaran pada saat ini.

Jadi, berlatihlah menghargai diri sendiri. "Sampai Anda menghargai diri sendiri, Anda tidak akan menghargai waktu Anda. Sampai Anda menghargai waktu Anda, Anda tidak akan melakukan apa pun terhadapnya," kata psikiater dan penulis Morgan Scott Peck.

 

8. Lacak latihan Anda

Terakhir, mempelajari cara mengurangi rasa malas membutuhkan latihan dan setiap upaya kecil sangatlah berarti. 

Vincent Van Gogh, pelukis impresionis terkenal, berkata, "Hal-hal besar tidak dilakukan secara impulsif, tetapi melalui serangkaian hal-hal kecil yang disatukan."

Namun, ketika mencoba melakukan perubahan kecil dan konsisten, sulit mengukur tindakan kita hanya dengan pikiran. Kita mungkin merasa telah melakukan hal yang cemerlang padahal kenyataannya, kita sudah berhari-hari tidak berlatih.

Jadi, tuliskan semuanya untuk melacak latihan Anda. Misalnya, Anda dapat membuat spreadsheet, mengunduh aplikasi pelacakan kebiasaan, atau bahkan melaporkan kemajuan Anda kepada teman atau orang terkasih setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement