Senin 11 Sep 2023 10:43 WIB

Tetap Awet Hingga 10 Hari, Begini Cara Simpan Pisang yang Benar

Anda bisa menyimpannya di kulkas setelah matang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Agar pisang tidak mudah busuk atau menghitam, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Agar pisang tidak mudah busuk atau menghitam, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang adalah salah satu buah yang dikonsumsi banyak orang. Namun, pisang memiliki umur simpan pendek, hanya sekitar dua hingga tiga hari jika dibeli saat warnanya kuning.

Jika dibeli saat masih hijau, buah tersebut mungkin memiliki waktu beberapa hari tambahan agar matang. Sebab, pisang hijau belum matang.

Baca Juga

Kulit pisang bisa menjadi mudah rusak sehingga memengaruhi kualitas buah di dalamnya dan mengurangi umur simpannya. Untuk membantu, para ahli telah berbagi beragam cara agar pisang bertahan lebih lama, bahkan hingga 10 hari.

Banyak orang menyimpan pisang mereka di dapur, di mangkuk buah, atau digantung di atas mangkuk buah agar tetap segar.

Namun, menurut pakar makanan dan pendiri The Full Freezer Kate Hall, menyimpan buah di lemari es dapat membantu memperpanjang masa pakainya hingga 10 hari setelah matang. Setelah pisang mencapai warna yang diinginkan, masukkan ke dalam lemari es dan jauhi dari buah lain. "Jika pisang sudah tidak lagi ingin dimakan, Anda dapat mengupasnya lalu membekukannya," kata Hall, dilansir Express, Senin (11/9/2023).

Pisang beku nantinya bisa diolah ke berbagai makanan atau minuman. Misalnya, bisa membuat smoothie atau es krim sehat dengan sisa makanan.

Pembuat roti dan koki profesional Sarah Bridenstine mengatakan pisang memiliki kebutuhan penyimpanan unik yang harus diikuti. Misalnya, untuk mempercepat pematangan pisang hijau, Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong.

"Anda bisa menyimpannya di kulkas setelah matang untuk menghentikan penghitamannya. Bagian dalamnya akan tetap manis. Pisang melepaskan sejumlah besar gas yang dapat membuat buah di dekatnya matang sebelum waktunya jadi simpanlah secara terpisah," ujar dia.

Jika Anda memiliki pisang yang terlalu matang, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kue. "Anda bisa membuat roti, smoothie, atau bahkan gula. Jadi jangan membuangnya," ucap dia.

Buah lain yang cepat rusak adalah stroberi karena bisa menjadi lembek atau berjamur jika dibiarkan terlalu lama. Pakar makanan lain dari Britsuperstore Richard Price merekomendasikan untuk menyimpan buah dalam wadah yang sesuai dengan lubang ventilasi.

Menurut Richard, wadah kedap udara dapat memerangkap kelembapan, mempercepat pembusukan, dan sering kali merupakan kesalahan yang dilakukan banyak orang. Kesalahan lainnya adalah membiarkannya di dalam wadahnya yang sering kali tidak cocok untuk penyimpanan jangka panjang. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement