Selasa 12 Sep 2023 02:56 WIB

Ini Alasan Hidrogen Hijau Disebut Sebagai Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Hidrogen hijau dapat memiliki beragam kegunaan dalam industri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Hidrogen hijau kini disebut sebagai bahan bakar ramah lingkungan/ilustrasi
Foto: Unsplash
Hidrogen hijau kini disebut sebagai bahan bakar ramah lingkungan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Hidrogen hijau sedang dipromosikan di seluruh dunia sebagai solusi energi ramah lingkungan untuk menghilangkan karbon dari sektor-sektor dengan emisi tinggi seperti transportasi dan industri manufaktur. Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu hidrogen hijau dan mengapa disebut-sebut sebagai bahan bakar ramah lingkungan? 

Dilansir Japan Today, Selasa (12/9/2023), hidrogen diproduksi dengan memisahkan unsur tersebut dari unsur lain dalam molekul tempat hidrogen terjadi. Misalnya, air yang terkenal dengan simbol kimianya H20, atau dua atom hidrogen dan satu atom oksigen dapat dipecah menjadi atom-atom komponen tersebut melalui elektrolisis.

Baca Juga

Hidrogen telah diproduksi dan digunakan dalam skala besar bersama selama lebih dari satu abad, terutama untuk membuat pupuk dan plastik serta untuk menyuling minyak. Sebagian besar produksinya menggunakan bahan bakar fosil, terutama gas alam. Namun jika produksinya didukung oleh energi terbarukan, hidrogen yang dihasilkan adalah hidrogen hijau. 

Pasar global untuk hidrogen ramah lingkungan diperkirakan akan mencapai 410 miliar dolar AS pada tahun 2030, menurut para analis, yang berarti dua kali lipat ukuran pasarnya saat ini. Tetapi, para kritikus mengatakan bahwa bahan bakar tersebut tidak selalu dapat digunakan dalam skala besar dan kredensial ‘ramah lingkungan’ ditentukan oleh sumber energi yang digunakan untuk memproduksinya. 

Hidrogen hijau dapat memiliki beragam kegunaan dalam industri seperti pembuatan baja, produksi beton, serta pembuatan bahan kimia dan pupuk. Hidrogen hijau juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, sebagai bahan bakar transportasi dan untuk memanaskan rumah juga kantor. 

Saat ini, hidrogen terutama digunakan dalam penyulingan bensin dan pembuatan pupuk. Meskipun bensin tidak akan berguna di dunia yang bebas bahan bakar fosil, emisi dari pembuatan pupuk— yang penting untuk menanam tanaman yang memberi makan dunia—dapat dikurangi dengan menggunakan hidrogen ramah lingkungan. 

Francisco Boshell, analis energi di Badan Energi Terbarukan Internasional di Abu Dhabi, optimistis mengenai peran hidrogen hijau dalam transisi menuju energi ramah lingkungan, terutama ketika energi dari energi terbarukan seperti tenaga Surya dan angin tidak dapat disimpan dan digunakan melalui baterai— seperti penerbangan, perkapalan, dan beberapa proses industri. 

Boshell mengatakan volatilitas hidrogen— sangat mudah terbakar dan memerlukan jaringan pipa khusus untuk transportasi yang aman- berarti sebagian besar hidrogen ramah lingkungan kemungkinan akan digunakan di dekat tempat produksinya. 

Menurut Laporan Komisi Transisi Energi, sebuah koalisi pemimpin energi yang berkomitmen untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, masalah mudah terbakar dan transportasi membatasi penggunaan hidrogen dalam “aplikasi tersebar” seperti pemanas perumahan. Laporan itu mengatakan hal ini juga kurang efisien dibandingkan elektrifikasi langsung karena sebagian energi hilang ketika energi terbarukan diubah menjadi hidrogen dan kemudian hidrogen diubah lagi menjadi energi. 

Laporan Komisi Transisi Energi mencatat potensi kuat hidrogen sebagai alternatif baterai untuk penyimpanan energi dalam skala besar dan jangka panjang. Penelitian lain mempertanyakan tingginya biaya produksi, risiko investasi, kebutuhan air yang lebih besar dibandingkan pembangkit listrik ramah lingkungan lainnya, dan kurangnya standar internasional yang menghambat pasar global. 

Robert Howarth, seorang profesor ekologi dan biologi lingkungan di Cornell University di Ithaca, New York, yang juga duduk di Dewan Aksi Iklim New York, mengatakan hidrogen hijau sedang dijual secara berlebihan sebagian karena lobi dari industri minyak dan gas. 

Boshell, dari Badan Energi Terbarukan Internasional, tidak setuju. Organisasinya memperkirakan permintaan hidrogen akan meningkat hingga 550 juta ton pada tahun 2050, naik dari 100 juta ton saat ini. Badan Energi Internasional mengatakan produksi hidrogen bertanggung jawab atas sekitar 830 juta ton karbon dioksida per tahun. Boshell mengatakan dengan mengganti apa yang disebut hidrogen abu-abu— hidrogen yang dihasilkan dari bahan bakar fosil— akan menjamin pasar jangka panjang untuk hidrogen ramah lingkungan. 

“Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mulai menggantikan permintaan hidrogen abu-abu yang ada. Dan kemudian kita dapat menambah permintaan tambahan dan penerapan hidrogen ramah lingkungan sebagai bahan bakar untuk industri, pelayaran dan penerbangan,” kata Boshell. 

Di sisi lain, Aliansi Surya Internasional yang dipimpin India meluncurkan Pusat Inovasi Hidrogen Ramah Lingkungan pada awal tahun ini. India sendiri menyetujui dana sebesar 2,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk produksi, penggunaan dan ekspor hidrogen ramah lingkungan. Kerja sama global dalam manufaktur dan pasokan hidrogen ramah lingkungan diperkirakan akan dibahas oleh para pemimpin G20 pada pertemuan puncak akhir pekan ini di New Delhi, India. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement