Jumat 01 Sep 2023 08:40 WIB

Jangan Sembarangan Unduh Aplikasi, Pertimbangkan Ini Dulu

Enkripsi end-to-end bukan acuan tunggal dalam memilih layanan perpesanan yang aman.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih aplikasi perpesanan.  (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih aplikasi perpesanan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Enkripsi end-to-end merupakan sistem yang memungkinkan sebuah pesan teks, gambar, suara, ataupun video hanya dapat diakses oleh pengirim dan penerima pesan. Teknologi ini menjadi hal yang diunggulkan beberapa layanan perpesanan seperti Signal, Telegram, Viber, hingga WhatsApp, karena dinilai bisa menjaga privasi pengguna.

Namun, enkripsi end-to-end bukan hanya acuan tunggal dalam memilih layanan perpesanan yang tepat bagi Anda. Dilansir Gizchina, Jumat (1/9/2023), berikut hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih aplikasi perpesanan.

Baca Juga

 

1. Fitur

Fitur apa yang penting bagi Anda? Apakah Anda membutuhkan kemampuan untuk mengirim pesan teks, foto, video, atau pesan suara? Apakah Anda perlu melakukan panggilan video? Apakah Anda ingin dapat membuat grup atau saluran? Buatlah daftar fitur yang Anda butuhkan dan gunakan itu sebagai acuan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Kemudahan pemakaian

Seberapa mudah aplikasi ini digunakan? Apakah antarmukanya intuitif? Apakah fitur-fiturnya mudah ditemukan dan digunakan? Jika Anda tidak terlalu paham teknologi, Anda pasti ingin memilih aplikasi yang mudah digunakan. Jadi, kemudahan penggunaan bisa menjadi bahan pertimbangan ketika memiliki layanan perpesanan.

 

3. Kompatibilitas

Pastikan aplikasi perpesanan yang dipilih kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Sebagian besar aplikasi perpesanan tersedia untuk perangkat Android dan iOS, tetapi ada juga yang hanya tersedia untuk satu platform.

 

4. Popularitas

Seberapa populerkah aplikasi tersebut? Semakin banyak orang yang menggunakan sebuah aplikasi, semakin besar kemungkinan Anda menemukan orang yang ingin diajak berkomunikasi. Namun, aplikasi yang populer mungkin juga lebih ramai dan kurang privat.

 

5. Biaya

Beberapa aplikasi perpesanan gratis untuk digunakan, sementara yang lain mengenakan biaya langganan bulanan atau tahunan. Pertimbangkan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk sebuah aplikasi perpesanan.

 

6. Keamanan

Ini mungkin merupakan faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan, terutama jika Anda menggunakan aplikasi untuk mengirim informasi sensitif. Pastikan aplikasi tersebut menggunakan enkripsi end-to-end, yang berarti hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan. Anda juga harus memeriksa kebijakan privasi aplikasi untuk mengetahui bagaimana data Anda dikumpulkan dan digunakan.

Sebelum Anda mengunduh aplikasi perpesanan apapun, baca kebijakan privasinya untuk mengetahui bagaimana data pengguna akan dikumpulkan dan digunakan. Setelah Anda memilih beberapa aplikasi perpesanan, unduh dan uji coba aplikasi tersebut. Lihat mana yang paling Anda sukai dan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bisa juga Anda menanyakan kepada teman dan keluarga tentang aplikasi perpesanan mana yang mereka gunakan dan mengapa. Hal ini dapat memberi Anda beberapa wawasan yang baik tentang berbagai aplikasi dan membantu Anda membuat keputusan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement