Rabu 30 Aug 2023 08:21 WIB

Cari Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Akhir Tahun, Coba Cek Fitur Google Flights Ini

Fitur Google Flights kini bisa memberi rekomendasi waktu untuk penerbangan murah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Flights sudah memiliki fitur riwayat harga yang memungkinkan pengguna melihat grafik harga tiket selama beberapa bulan terakhir.
Foto: www.freepik.com
Google Flights sudah memiliki fitur riwayat harga yang memungkinkan pengguna melihat grafik harga tiket selama beberapa bulan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google sekarang memiliki fitur unik yang layak dicoba bagi para pecinta wisata. Fitur Google Flights sekarang dapat menginformasikan perihal rekomendasi waktu untuk mendapatkan penerbangan termurah.

Tentu ada berbagai sumber informasi yang bisa menjadi acuan ketika hendak melakukan penerbangan. Namun fitur Google Flights memudahkan pengguna untuk mencari tahu kapan bisa memesan tiket penerbangan.

Baca Juga

Jika memesan tiket pesawat dengan Google Flights, pengguna akan mengetahui peringkat rendah, standar, atau tinggi tentang pemesanan. Tujuannya untuk memberi tahu jenis penawaran yang bisa didapatkan. Namun lebih dari itu, fitur baru ini akan memberi tahu rentang tanggal kapan Anda bisa memesan untuk mendapatkan harga termurah.

Dikutip dari laman Zdnet, Rabu (30/8/2023), Google Flights sudah memiliki fitur riwayat harga yang memungkinkan pengguna melihat grafik harga tiket selama beberapa bulan terakhir. Sekarang, jika harga termasuk dalam kategori normal atau tinggi, Google menyarankan tanggal pemesanan saat harga akan murah. Jika harga saat ini murah, Google memperkirakan berapa lama pengguna harus memesan penerbangannya.

Contohnya, pengguna memeriksa potensi penerbangan dari Miami ke Chicago. Google Flights akan menginformasikan bahwa harga saat ini, sekitar 295 dolar AS pulang pergi, adalah harga yang mahal. Disarankan waktu termurah untuk memesan adalah 21 Desember hingga 20 Maret.

Jika mengklik rekomendasi itu, kita akan memperoleh lebih banyak informasi. Google menambahkan, harga terendah untuk perjalanan serupa ke Chicago biasanya ditemukan sekitar satu hingga tiga bulan sebelum lepas landas. Harga selama waktu ini rata-rata lebih murah 53 dolar AS.

Perkiraan tanggal baru Google tidak tersedia di semua penerbangan, melainkan hanya penerbangan yang memiliki data cukup untuk membuat tebakan pasti.

Tentu saja, informasi pembelian tiket pesawat pada harga terendah bisa saja didapatkan dari sumber lain secara daring. Tetapi hanya karena tiket secara historis lebih murah pada bulan tertentu, bukan berarti bulan yang sama tahun depan akan memberikan hasil yang sama.

Namun, Google sangat percaya pada algoritmenya sehingga berani menjamin harga penerbangan tertentu. Untuk beberapa penerbangan di AS, Google Flights akan menandainya dengan "harga terjamin", artinya harga harus tetap sama hingga penerbangan berangkat. 

Jika harga penerbangan turun, Google akan mengganti selisihnya. Jika ingin mengawasi berbagai hal secara manual, alih-alih mempercayai tanggal yang disarankan Google, Anda dapat mengaktifkan pelacak harga tiket penerbangan yang secara otomatis mengirimi Anda notifikasi sewaktu-waktu jika harga tiket turun secara signifikan. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement