Selasa 22 Aug 2023 10:21 WIB

Jangan Boros, Ini Kiat Hemat Air Saat Musim Kemarau

Menginjak bulan Agustus, Indonesia memasuki musim kemarau.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penting untuk mengetahui kiat menghemat air bersih, khususnya saat musim kemarau /ilustrasi
Foto: home-water-works.org
Penting untuk mengetahui kiat menghemat air bersih, khususnya saat musim kemarau /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Agustus ini sudah masuk musim kemarau di Indonesia. Pada musim ini, hujan jarang terjadi dan tidak sedikit sumber mata air yang mengering. Padahal, air merupakan kebutuhan utama setiap rumah tangga.

Jika kekurangan air bersih, ini akan mengakibatkan masalah kebersihan dan kesehatan untuk keluarga. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kiat menghemat air bersih, khususnya saat musim kemarau, seperti dilansir situs Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, Selasa (22/8/2023):

Baca Juga

1.Matikan keran air pada saat Anda tidak menggunakan air yang mengalir

Biasanya air mengalir terjadi saat Anda menggosok gigi ataupun sedang keramas. Dengan melakukan ini, Anda bisa menghemat penggunaan air bersih hingga enam liter setiap menitnya.

 

2.Menyiapkan wadah penampungan air 

Cara ini dapat membantu anda menghemat air saat membilas toilet karena penyiraman toilet membutuhkan air yang cukup besar. Jika hal ini dilakukan, Anda bisa menghemat air hingga tiga liter setiap kali membilas toilet.

 

3.Hindari kebiasaan mandi terlalu lama

Saat Anda mandi kurang dari lima menit, Anda bisa menghemat air sebanyak enam hingga 25 liter. Anda bisa juga saat mandi menggunakan ember penampungan.

 

4. Perhatikan kapasitas air saat mencuci

Saat mencuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya langsung memenuhinya dengan air maksimal. Hal ini bertujuan menghindari pengulangan aktivitas membilas cucian.

 

5.Hindari adanya keran bocor

Keran bocor akan meneteskan air terus-menerus. Oleh karena itu, segera melakukan perbaikan untuk menghindari kebocoran yang semakin parah. Air yang menetes lewat keran bocor bisa membuang air secara percuma hingga 10 liter per hari. 

 

6.Tampung air saat musim hujan

Saat musim hujan, sebaiknya tampung air pada penampungan seperti tong atau bak air. Pada saat mencuci motor, mobil, atau menyiram tanaman, Anda bisa manfaatkan air hujan yang ditampung tadi. 

 

7.Saat menyiram tumbuhan atau bunga gunakan pot penyiraman

Ini dilakukan agar lebih efesien dalam pemakaian air. Perlu diingat bahwa saat Anda menyiram tanaman langsung dengan selang, penggunaan air semakin boros.

 

8.Pasang meteran air

Memasang meteran air merupakan langkah tepat untuk mengontrol pemakaian air bersih dirumah Anda. Saat Anda melihat meterannya maka dengan sendirinya Anda akan menggunakan air secara maksimal.

 

9.Manfaatkan perabot rumah tangga untuk hemat air

Perabot rumah tangga yang Anda gunakan juga bisa membantu Anda dalam menghemat air. Saat anda membeli perabot baru pilihlah perabot yang dilengkapi dengan teknologi hemat air, seperti shower hemat air, mesin cuci yang membutuhkan sedikit air untuk mencuci atau kloset yang menggunakan sistem penyiraman ganda (besar dan kecil). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement