REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Membuat iklan bisa rumit dan mahal, dan lebih banyak jenama melihat kecerdasan buatan (AI) generatif sebagai sarana untuk membuat proses itu tidak terlalu menyakitkan. Reuters melaporkan biro iklan besar seperti WPP dan perusahaan multinasional seperti Unilever memakai AI generatif untuk memotong biaya pemasaran sambil membuat lebih banyak iklan.
Klien WPP Nestlé dan Mondelez, pembuat Oreo dan Cadbury, menggunakan DALL-E 2 OpenAI untuk membuat iklan. Satu iklan untuk Cadbury ditayangkan di India dengan video aktor Bollywood Shah Rukh Khan yang dibuat oleh AI yang mengundang pejalan kaki untuk berbelanja di toko. CEO WPP mengatakan kepada Reuters bahwa penghematan dari AI generatif bisa “10 hingga 20 kali lipat.”
Unilever membuat alat periklanan AI generatifnya sendiri dan menggunakannya untuk menulis omongan untuk salah satu produk samponya. Tetapi karena semakin banyak jenama yang menggunakan AI generatif untuk membuat lebih banyak iklan, pertanyaan apakah mereka perlu memberi tahu orang-orang bahwa itu dihasilkan oleh AI memunculkan kepalanya yang jelek. Perusahaan AI besar menandatangani perjanjian dengan pemerintah AS untuk mengembangkan teknologi watermarking untuk memberi label pada sesuatu yang dibuat dengan alat AI. Secara teori, iklan yang dihasilkan AI dapat termasuk dalam aturan itu.
Ken Sickles, chief product officer untuk perusahaan watermarking digital Digimarc, mengatakan bahwa harus ada kebijakan standar untuk menandai konten buatan AI.
“Konten pemasaran secara teknis adalah konten AI asli, dan konteks penting saat melihat sesuatu,” kata Sickles seperti dilansir The Verge, Selasa (22/8/2023). “Memberi tag pada konten itu bagus karena menghadirkan konteks, tetapi harus ada kebijakan standar industri di sekitarnya.”
Pemasaran dan periklanan adalah bagian dari gelombang awal pengadopsi AI generatif, menggunakan model bahasa untuk menulis salinan, kata-kata dalam iklan yang meyakinkan Anda untuk membeli cangkir kopi yang sama yang dipegang selebriti favorit Anda. Alat copywriting AI generatif Jasper menjadi salah satu kesayangan dunia teknologi pada tahun 2022, ketika dilaporkan perusahaan mengumpulkan 125 juta dolar AS dalam pendanaan Seri A.
Dan merek daring juga mulai bereksperimen dengan AI generatif. Misalnya, perusahaan pakaian dalam langsung ke konsumen Adore Me bermain-main dengan teknologi untuk mengetahui cara memasarkan bra dan pakaian intim lainnya tanpa berurusan dengan sensor. Namun, itu masih perlu untuk menerapkannya.
Perusahaan yang menggunakan AI generatif untuk iklan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka masih khawatir apakah iklan AI mereka dapat menerima perlindungan hak cipta dan risiko keamanan saat menggunakan AI.