Sabtu 19 Aug 2023 11:29 WIB

Samsung Hentikan Pembaruan untuk Beberapa Model Galaxy, Ponsel Anda Aman?

Samsung menyediakan pembaruan software untuk sebuah gawai hingga lima tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung akan menghentikan pembaruan software untuk sejumlah gawai dari seri Samsung Galaxy lama.
Foto: dok Samsung
Samsung akan menghentikan pembaruan software untuk sejumlah gawai dari seri Samsung Galaxy lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian pengguna gawai Samsung Galaxy mungkin perlu mempertimbangkan rencana mengganti gawai mereka ke model gawai yang lebih baru. Alasannya, Samsung akan menghentikan pembaruan software untuk sejumlah gawai dari seri Samsung Galaxy lama.

Samsung biasanya menyediakan pembaruan software untuk beragam model gawai mereka dengan mengikuti kebijakan yang berlaku. Kebijakan tersebut mengatur seberapa lama durasi yang dimiliki suatu gawai untuk menerima pembaruan software.

Baca Juga

Mengacu pada kebijakan sebelumnya, Samsung akan menyediakan pembaruan software untuk sebuah gawai hingga lima tahun. Untuk gawai-gawai premium, Samsung akan memberikan maksimal tiga kali pembaruan.

Namun per 2022, Samsung telah membuat beberapa perubahan terhadap kebijakan tersebut. Berdasarkan perubahan ini, eligibilitas software untuk beberapa gawai akan diperpanjang.

Di sisi lain, Samsung juga akan menghentikan pembaruan software untuk sejumlah gawai yang dirilis pada 2019. Artinya, gawai-gawai ini tak akan menerima perubahan apa pun di masa mendatang. Berikut ini adalah gawai-gawai yang tak akan menerima pembaruan software lagi, seperti dilansir GizChina pada Sabtu (19/8):

1. Galaxy S10, S10+, and S10e

2. Galaxy X Cover 4S

3. Galaxy A80

4. Galaxy A40

5. Galaxy A10

6. Galaxy A30

7. Galaxy A50

8. Galaxy Tab A10.1 (2019)

9. Galaxy Tab S5e

10. Galaxy Tab S6

 

Meski akan menghentikan pembaruan software untuk kesepuluh gawai tersebut, Samsung sempat memberikan pembaruan patch keamanan tambahan kepada sebagian model. Sebagai contoh, seri Galaxy S10 telah melewati masa empat tahun dari kebijakan yang ditentukan oleh Samsung. Seharusnya, seri ini tidak akan menerima pembaruan apa pun setelah Maret 2023. Akan tetapi, Samsung belum lama ini merilis sebuah pembaruan keamanan baru yang mengejutkan untuk Galaxy S10, S10+, dan S10e.

Di sisi lain, ada beragam model Samsung Galaxy yang masih akan menerima pembaruan software untuk empat hingga lima tahun ke depan. Berikut ini adalah model-model Samsung Galaxy tersebut:

1. Seri Galaxy S: Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra, lalu seri Galaxy S21, S21+, S21 Ultra, dan S21 FE, and seri S mendatang.

2. Seri Galaxy Z: Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, dan seri Z yang akan datang.

3. Seri Galaxy A: Seri A terpilih yang akan datang.

4. Galaxy Tablet: Galaxy Tab S8, S8+, S8 Ultra, dan seri Tab S mendatang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement