Selasa 15 Aug 2023 16:05 WIB

Aksara Nusantara Bakal Segera Tersedia di Keyboard Perangkat Seluler?

Aksara nusantara yang sudah mendapatkan SNI diharapkan ada di perangkat digital.

Pengunjung melihat koleksi pameran Abhinaya Karya 2022, Jejak Pengetahuan Nusantara di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Kamis (29/9/2022).
Foto:

Pegiat aksara nusantara yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan perwakilan tiap aksara yang sudah mendapat pengesahan SNI, antara lain Setya Amrih Prasaja dan Arief Budiarto (aksara jawa), Dadan Sutisna dan Agung Zaenal (aksara sunda), dan Carma Citrawati dan Cokorda Rai Adi Pramartha (aksara bali) yang koordinasinya difasilitasi oleh Yayasan Budaya Nusantara Digital (YBND). Lalu, ada Diaz Nawaksara (aksara pegon) dan Aditya Bayu Perdana serta Ilham Nurwasah (aksara kawi).

Ketua Yayasan Budaya Nusantara Digital Amelya Nugroho menyampaikan apresiasinya kepada Kemenkominfo melalui SDPPI karena berkenan memfasilitasi rangkaian acara tersebut. Dia mengatakan tersedianya aksara nusantara pada setiap perangkat digital yang dipasarkan di Indoneaia merupakan tujuan utama dan cita-cita sejak lama dari para pegiat aksara nusantara dan para pengajar bahasa daerah di sekolah, juga pengajar di pesantren.

"Terima kasih Kemenkominfo berkenan memfasilitasi karena ini merupakan salah satu dari tujuan utama dari rangkaian panjang kegiatan digitalisasi aksara nusantara di Indonesia," kata Amel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement