Senin 14 Aug 2023 19:44 WIB

AI Bisa Bantu Selesaikan 6 Hal Sederhana Ini, Yuk Coba

AI bisa digunakan untuk bermain gim hingga merencanakan pesta.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Chatbot AI dapat membantu mengerjakan tugas-tugas yang mungkin tampak sederhana tapi menyita waktu./ilustrasi
Foto: Unsplash
Chatbot AI dapat membantu mengerjakan tugas-tugas yang mungkin tampak sederhana tapi menyita waktu./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popularitas chatbot dengan kecerdasan buatan (AI) belakangan ini melonjak karena kemampuannya yang unggul dalam mengerjakan sejumlah tugas, seperti pengkodean, penulisan, dan masih banyak lagi. Namun, kemampuan ini hanya sebagian kecil dari yang terlihat. 

Chatbot AI dapat membantu mengerjakan tugas-tugas yang mungkin tampak sederhana tapi menyita waktu. Berikut daftar peran chatbot AI yang bisa digunakan sehari-hari, seperti dilansir ZDNET, Senin (14/8/2023):

Baca Juga

1. Resep

Chatbot AI bisa digunakan untuk menanyakan ide resep. Anda bisa meminta ide resep berdasarkan bahan-bahan tertentu yang ada di kulkas. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk membantu menemukan ide resep yang memenuhi kebutuhan dan batasan diet. Misalnya, "Beri saya ide resep yang tidak mengandung gluten atau produk susu."

 

2. Mencari tempat makan

Bot obrolan AI dapat membantu Anda menemukan tempat makan dan menemukan tempat baru. Anda dapat menemukan lingkungan baru yang belum pernah Anda kunjungi. Yang perlu Anda lakukan adalah memberi tahu di mana Anda ingin menemukan restoran dan apa yang Anda cari.

Misalnya, bertanya kepada Bing Chat, "Bisakah Anda membantu saya menemukan tempat makan di New York yang menyajikan makanan Latino dan buka untuk happy hour?" Kemudian Bing Chat menampilkan berbagai restoran yang dapat dikunjungi sesuai dengan kriteria.

 

3. Membuat minuman sendiri

Konsep ini sangat mirip dengan menggunakan AI untuk membantu Anda membuat makanan. Jika ingin minum jus segar atau smoothie, Anda dapat menggunakan chatbot AI untuk membantu Anda membuat resep yang sempurna. Anda juga dapat menggunakan AI untuk membuat minuman unik.

 

 

4. Acara televisi 

Anda kerap sulit untuk memutuskan apa yang akan ditonton. Dalam hal ini, chatbot AI dapat membantu Anda menemukan film atau acara untuk ditonton dalam genre tertentu. 

Jika Anda mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT, bahkan ChatGPT akan menyertakan sinopsis dari setiap film yang disarankan sehingga Anda dapat menghindari menonton trailernya.

 

5.Main gim

Meski terdengar konyol, bermain gim sederhana dengan AI cukup menyenangkan. Jika Anda pernah duduk di kelas atau rapat kerja yang membosankan, jangan ragu untuk meminta chatbot AI bermain gim dengan Anda. Chatbot AI mampu memainkan semua gim standar yang Anda kenal dan sukai, seperti tic tac toe, algojo, trivia, 20 pertanyaan, dan banyak lagi.

 

6.Rencanakan pesta

Merencanakan pesta bisa sangat memakan banya waktu karena mempersiapkan banyak hal. Namun, sekarang Anda dapat menggunakan bot obrolan AI untuk membantu merencanakan. Misalnya, Anda bertanya , "Bisakah Anda membantu saya merencanakan pesta ulang tahun kucing saya yang ke-5?"

Tanggapan awal meliputi tempat, dekorasi, aktivitas, dan ide makanan yang dapat Anda gunakan untuk pesta ulang tahun anjing. Dari sana, Anda dapat melanjutkan dengan salah satu aspek tersebut dan meminta bantuan lebih lanjut dari AI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement