Selasa 15 Aug 2023 03:31 WIB

Jangan Anggap Remeh, Ini Kemampuan AI untuk Menyelamatkan Manusia

AI dapat digunakan untuk mewujudkan masa depan lebih sehat dan lebih aman.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Teknologi AI dapat digunakan untuk mewujudkan masa depan lebih sehat serta lebih aman untuk semua.
Foto: UNM
Teknologi AI dapat digunakan untuk mewujudkan masa depan lebih sehat serta lebih aman untuk semua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia. Dampak AI terhadap kesejahteraan manusia yang sangat signifikan, mulai dari mengubah layanan kesehatan hingga mencegah kecelakaan, mengobati penyakit, hingga mengatasi masalah sosial.

AI dapat digunakan untuk mewujudkan masa depan lebih sehat serta lebih aman untuk semua. Berikut ini adalah poin-poin bagaimana AI bisa membantu menyelamatkan nyawa manusia, dilansir dari Gizchina, Senin (14//8/2023). 

Baca Juga

-Mampu mendeteksi kondisi medis.

Kemampuan AI untuk menyelamatkan nyawa di luar pengaturan perawatan kesehatan yang khas terbukti dalam pengakuan krisis medis. AI Corti mendeteksi serangan jantung dalam panggilan 911 dan membantu di luar rumah sakit.

AI dengan cepat menilai status medis penelepon dengan menganalisis pola dan konten suara, meningkatkan tingkat kelangsungan hidup untuk kondisi sensitif waktu.

-Mengubah cara kita menangani penyakit dan obat. 

AI mengubah penelitian obat, memprediksi bagaimana penyakit memburuk dan meningkatkan perawatan. Sedangkan, pembelajaran mesin (ML) menyediakan model yang memprediksi pertumbuhan penyakit dan hasil pengobatan. Inisiatif Clinical Knowledgebase (CKB) membantu mempercepat penelitian medis dengan mengatur dan menganalisis data dari uji klinis, yang mengarah ke obat yang lebih bertarget.

 -Cegah perdagangan manusia. 

AI memiliki kapasitas untuk mengatasi masalah sosial yang kompleks seperti perdagangan manusia. Menghentikan perdagangan manusia perlu menyaring banyak data untuk menemukan pola dan melacak pelaku kesalahan dan korban.

AI sangat ideal dalam hal penambangan data, membantu para sarjana memerangi ancaman global ini. Grup seperti Code 8.7 menggunakan AI untuk menemukan dan menghentikan pedagang manusia, menunjukkan jangkauan penyelamatan teknologi.

 -Membantu kehidupan laut. 

Janji AI untuk menyelamatkan nyawa mencakup perlindungan lingkungan. Model AI digunakan oleh perusahaan seperti The Ocean Cleanup untuk mengukur dan memantau sampah plastik di lautan. AI membantu menyelamatkan planet ini. Ini mempelajari data, dan melihat pola polusi. Teknologi AI pintar membersihkan lautan,mengurangi bahaya polusi plastik.

-Memandu penelitian dan kesadaran kesehatan melalui AI. 

AI memimpin penelitian kesehatan, melacak penyakit, mempercepat vaksin, dan menyebarkan kesadaran. Kesepakatan Adaptive Technologies dan Microsoft menunjukkan potensi AI untuk meningkatkan diagnosis, perawatan, dan pencegahan. Situs web akses data terbuka meningkatkan kesadaran kesehatan global dengan menyoroti peran AI dalam pengambilan keputusan yang terinformasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement