Sabtu 12 Aug 2023 16:26 WIB

Gibran Ungkap Bahas Soal Penolakan Yenny Wahid oleh Demokrat Lewat Whatsapp

"Mbak Yenny kan nggak pernah mengajukan diri (jadi cawapres)," kata Gibran.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Andri Saubani
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Polemik pemilihan nama calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan terus bergulir usai politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon menegaskan menolak nama Yenny Wahid karena bukan mewakili perubahan. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan bahwa dirinya sempat bertukar pesan dengan Yenny melalui WhatsApp.

"Iya tadi (membahas), tadi WA nan," kata Gibran ketika ditemui di Lokananta, Sabtu (12/8/2023). 

Baca Juga

Kendati demikian, ketika ditanya siapakah yang lebih dulu menghubungi, Gibran tak menjawab. Ia hanya menjawab bahwa dirinya sudah ditunggu Menkop UKM, Teten Masduki untuk menghadiri acara Peringatan Hari Nasional UMKM di Puro Mangkunegaran. 

"Wis yok ditunggu pak Menteri," katanya. 

Ditanya apakah Yenny sempat curhat ke dirinya terkait hal tersebut, Gibran mengatakan bahwa putri Presiden Gus Dur tersebut mengatakan bahwa ia tak ikut-ikutan.

"(Curhat ke mas wali) Beliau gak ikut ikutan, gak mengajukan diri, kok tiba-tiba ditolak," katanya. 

Kendati demikian, ketika ditanya obrolan apa saja yang dilakukannya bersama Yenny, Gibran enggan membocorkannya. Namun, ketika disinggung soal Yenny yang dilamar menjadi cwapresnya Anies dirinya mengatakan bahwa dia tak pernah mengajukan diri. 

"Ya rahasia juga ya. (Pinangannya) Mbak Yenny kan nggak pernah mengajukan diri, GR aja," katanya. 

Ditanya apakah Yenny sempat kaget mengenai hal tersebut Gibran membenarkan. Tak berbeda jauh dengan Yenny Gibran juga mengaku kaget pula. "Ya Kaget, saya juga kaget, ngapain ini," katabya. 

Sebelumnya, Putri Presiden ke-4 RI RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, membalas komentar penolakan dari Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. Jansen di akun X mengatakan, Yenny tidak pas untuk posisi cawapres Anies Rasyid Baswedan di Koalisi Perubahan.

Yenny menegaskan, ia tidak pernah menyodorkan dirinya untuk menjadi cawapres Anies di Koalisi Perubahan. Dia mengungkapkan, hanya merespons lamaran yang datang sehingga terheran mengapa mendadak Jansen langsung menolak dirinya.

"Kalau situ belum apa-apa sudah menolak saya, pas bossmu butuh dukungan, saya emoh lho," kata Yenny Wahid dalam cicitan di akun X, @yennywahid dikutip Republika di Jakarta pada Jumat (11/8/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement