Ahad 13 Aug 2023 16:01 WIB

Jurus Cuan Dobel UMKM: Ikut Program Loyalitas

Sekitar 72 persen pelanggan lebih memilih tempat yang menawarkan program loyalitas.

Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, memiliki program loyalitas berupa Point Rewards dan layanan endorsement.
Foto: Ninja Xpress
Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, memiliki program loyalitas berupa Point Rewards dan layanan endorsement.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya tarik konsumen adalah menerapkan program loyalitas yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah dan layanan menarik. Selain itu, program loyalitas juga dapat menjadi cara yang efektif bagi pelaku UKM dalam menggaet konsumen baru, sekaligus memperluas pangsa pasar dan menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan.

Berdasarkan survei Get with The Program, Card-Carrying Consumer Perspectives on Retail Loyalty-Program Participation and Perks yang dilakukan oleh Nielsen, terungkap bahwa sekitar 72% pelanggan lebih memilih tempat-tempat yang menawarkan program loyalitas karena mereka menikmati mendapatkan keuntungan sebagai bentuk dukungan kepada mereka.

Baca Juga

Sejalan dengan hal tersebut, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi di Indonesia, memiliki program loyalitas berupa Point Rewards sebagai bentuk apresiasi untuk pelaku UMKM yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress. Selain dapat menggunakan poin untuk menukarkan hadiah menarik, terdapat juga layanan eksklusif – dukungan dari para Key Opinions Leaders (KOLs) dan foto serta video produksi serta kelas-kelas khusus untuk meningkatkan bisnis UKM.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 200 pelanggan (shipper) setiap bulannya yang melakukan penukaran poin dengan berbagai hadiah. Setiap shipper mendapatkan point dari jumlah paket yang dikirimkan. Salah satu shipper Ninja Xpress yang telah melakukan redeem poin dengan hadiah umrah, yakni Malla Fashion, UMKM yang menjual pakaian muslimah asal Cimahi, Jawa Barat.

"Program Points Reward tidak sebatas memberikan bonus berbagai hadiah yang bisa didapatkan dengan redeem poin, tetapi juga mendorong semangat sebagai pemilik untuk terus meningkatkan penjualan. Jadi, selain menambah penghasilan, saya juga bisa dapat bonus seperti umrah. Tentu ini hal yang sangat membahagiakan karena saya bisa menghadiahkan umrah ini sebagai hadiah kepada karyawan saya agar lebih semangat lagi dalam bekerja,'' ujar Agnel, pemilik Malla Fashion dalam siaran pers, Sabtu (12/8/2023).

Selain Malla Fashion, AMEI, UMKM asal Solo yang menjual berbagai produk perawatan wajah dan tubuh juga memanfaatkan program loyalitas Ninja Xpress Seller Booster  untuk menggunakan layanan Endorsement Ninja Xpress.

"Layanan Endorsement terbukti dapat meningkatkan penjualan, khususnya untuk produk exfoliating gel. Endorsements ini berupa review produk yang dilakukan oleh Key Opinion Leader (KOL) di media sosial mereka dan hasilnya ternyata berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk yang di-review,'' kata Miftahul Huda, pemilik AMEI menjelaskan. 

Adapun cara untuk dapat ikut serta dalam program ini yakni dengan mengirimkan paket dengan Ninja Xpress sebanyak-banyaknya; kemudian shipper akan dihubungi Tim Ninja Xpress untuk dibantu melakukan registrasi.

Dengan bergabung bersama Ninja Xpress, diharapkan dapat memberikan keuntungan ganda bagi shipper. Pertama, shipper bisa terus mengandalkan kualitas layanan pengiriman tepat waktu untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan dan meningkatkan daya saing mereka. Kedua, shipper juga bisa memanfaatkan hadiah menarik yang ditawarkan untuk menunjang bisnis mereka.

"Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para shipper yang setia menggunakan layanan kami. Program loyalitas Ninja Xpress Seller Booster berupa Point Rewards dan endorsement ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada shipper. Kami ingin memberikan manfaat lebih bagi shipper yang telah melakukan pengiriman menggunakan layanan Ninja Xpress,” ujar Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress.

sumber : Siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement