Jumat 11 Aug 2023 02:05 WIB

Lupa Password, Ini Cara Mudah Unlock iPhone

Ada kiat sendiri untuk membuka akses iPhone bila lupa kata sandi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Jika iPhone Anda menjalankan iOS 15.2 atau lebih baru, cara mudah untuk membuka kunci iPhone Anda tanpa kode sandi dan FaceID adalah menghapusnya dari layar kuncinya./ilustrasii
Foto: BGR
Jika iPhone Anda menjalankan iOS 15.2 atau lebih baru, cara mudah untuk membuka kunci iPhone Anda tanpa kode sandi dan FaceID adalah menghapusnya dari layar kuncinya./ilustrasii

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Jika Anda lupa kode sandi iPhone, ponsel akan terkunci dan tidak dapat mengakses peranti. Apalagi jika Anda tidak mengatur FaceID, FaceID tidak berfungsi, atau iPhone meminta kode sandi digital alih-alih FaceID. 

Jadi bagaimana membuka kunci iPhone Anda tanpa kode sandi dan FaceID? Dilansir dari Gizchina, Kamis (10/8/2023), ada sejumlah cara untuk membuka kunci iPhone Anda tanpa kode sandi atau FaceID. Berikut di antaranya:

Baca Juga

Buka iPhone dari layar kuncinya. 

Jika iPhone Anda menjalankan iOS 15.2 atau lebih baru, cara mudah untuk membuka kunci iPhone Anda tanpa kode sandi dan FaceID adalah menghapusnya dari layar kuncinya. Ini akan menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin membuka kunci iPhone tanpa kode sandi atau FaceID tanpa menggunakan komputer.

Metode ini berfungsi asalkan iPhone Anda menjalankan iOS 15.2 atau lebih baru, Find My iPhone  diaktifkan di iPhone Anda, dan Anda memiliki kata sandi ID Apple yang digunakan di iPhone Anda. 

Langkah pertama, masukkan kode sandi yang salah beberapa kali berturut-turut hingga layar kunci iPhone menampilkan iPhone Unavailable dan pengatur waktu memberitahu Anda untuk mencoba lagi dalam satu menit.

Langkah kedua, tunggu penghitung waktu kedaluwarsa lalu masukkan kata sandi yang salah lagi. Ulangi langkah ini hingga Anda melihat opsi Erase iPhone di pojok kanan bawah layar. Anda mungkin perlu mengulangi langkah tersebut beberapa kali.

Langkah ketiga, ketuk Erase iPhone, ketuk Erase iPhone lagi, lalu masukkan kata sandi AppleID yang Anda gunakan di iPhone dan ketuk Go. iPhone akan secara otomatis menghapus dan mengatur ulang sendiri. 

 

Buka iPhone dengan menggunakan Find My. 

Cara lain untuk membuka kunci iPhone Anda tanpa kode sandi atau FaceID tanpa menghubungkannya ke komputer adalah dengan menghapusnya menggunakan aplikasi Find My. 

Metode ini berfungsi asalkan Find My iPhone diaktifkan di iPhone Anda yang terkunci. Anda perlu mengakses app Lacak di perangkat lain yang dapat diakses, seperti komputer, tablet, atau ponsel, untuk menghapus iPhone yang terkunci dari jarak jauh. Jika Anda tidak memiliki perangkat lain, pinjam dari teman.

Langkah pertama, di perangkat lain, buka icloud.com di browser. Kemudian masuk dengan Apple ID dan kata sandi yang Anda gunakan di iPhone yang terkunci. Setelah masuk, klik ikon 12 titik di pojok kanan atas halaman iCloud Home. Kemudian pilih aplikasi Find My dari menu pop-up.

Anda juga dapat membuka app Find My di perangkat Apple lain yang dapat diakses seperti iPhone, iPad, atau Mac. Kemudian pastikan untuk masuk dengan Apple ID dan kata sandi yang Anda gunakan di iPhone yang terkunci.

Langkah kedua, di halaman Find My atau Find Devices, pilih iPhone untuk membuka kunci tanpa kode sandi atau FaceID. Lalu, ketuk Erase iPhone. Kiatnya adalah Anda harus dapat masuk ke Find My iPhone menggunakan Apple ID dan kata sandi Anda di perangkat lain, maka metode ini tidak akan berhasil untuk Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement