Kamis 10 Aug 2023 13:35 WIB

Cegah Serangan Siber, Cek Platform Ini

Ketika transformasi digital semakin pesat, kebutuhan solusi layanan IT pun meningkat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk mencegah serangan siber, dibutuhkan solusi dari platform yang mampu menjamin keamanan di dunia maya/ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Untuk mencegah serangan siber, dibutuhkan solusi dari platform yang mampu menjamin keamanan di dunia maya/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dengan populasi lebih dari 270 juta penduduk, Indonesia telah mengalami pertumbuhan digital transformasi yang luar biasa, termasuk di dalamnya perusahaan rintisan digital, perusahaan ‘unicorn’ fintech, dan bisnis e-commerce. Ketika transformasi digital semakin pesat di Indonesia sehingga kebutuhan solusi layanan teknologi informasi (IT) pun meningkat. 

Melihat hal tersebut, Nextgen Indonesia yang merupakan distributor IT di wilayah Asia menjalin kerja sama dengan Trellix untuk memperkenalkan solusi keamanan data terdepan ke pasar Indonesia lewat platform Open XDR.

Baca Juga

“Kami melihat Nextgen sebagai distributor IT dengan komitmen yang kuat, terutama Nextgen Indonesia, yang merupakan distributor regional dengan tim lokal berpengalaman dan semangat tinggi. Hal ini sejalan dengan komitmen kami sebagai pemimpin industri dalam keamanan siber, terutama XDR, yang telah menjadi solusi utama bagi setiap perusahaan dalam menghindari ancaman siber,” kata Trellix Indonesia Country Manager Hans Tanit dalam siaran pers, Kamis (10/8/2023).

Sedangkan CEO Nextgen Group, John Walters, mengaku melihat peluang besar pada pasar Indonesia yang berkembang, terutama dengan adanya akselerasi transisi menuju ekonomi digital baru pasca pandemi Covid. “Kami sangat senang dapat ditunjuk secara langsung oleh Trellix sebagai distributor Trellix di Indonesia,” ujar dia.

Trellix pun memperkenalkan Open XDR (Extended, Detection, and Response), yang bukan hanya sebuah produk, tetapi sebuah platform yang menjadi kumpulan solusi yang dimiliki oleh Trellix. 

XDR adalah teknologi yang disampaikan melalui cloud, yang menjadikannya sebuah ekosistem yang mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan teknologi. XDR adalah evolusi alami dari EDR yang diperluas ke vektor ancaman tambahan, seperti endpoint, email, jaringan, dan cloud.

Platform ini memiliki front-end seperti NDR (Network Detection Response), DLP (Data Loss Prevention), dan Firewalls, serta back-end seperti pengiriman melalui cloud, threat intelligence, dan otomatisasi yang bekerja secara harmonis. 

Dengan platform Trellix Open XDR, pengguna dapat mengintegrasikan dan memiliki visibilitas dari jaringan internal, infrastruktur cloud, sistem industri hingga jaringan terisolasi, karena platform ini akan terintegrasi langsung ke pusat operasi keamanan pengguna (SOC).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement