Rabu 09 Aug 2023 13:49 WIB

WhatsApp akan Hadirkan Fitur Percakapan Suara, Apa yang Menarik?

Dengan fitur baru ini, para pengguna bisa melakukan percakapan dengan lancar.

WhatsApp baru saja memperkenalkan sebuah fitur percakapan suara baru dalam versi beta terkini mereka. Fitur ini memungkinkan 32 pengguna untuk terlibat dalam sesi audio atau berbicara secara live
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp baru saja memperkenalkan sebuah fitur percakapan suara baru dalam versi beta terkini mereka. Fitur ini memungkinkan 32 pengguna untuk terlibat dalam sesi audio atau berbicara secara live

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---WhatsApp baru saja memperkenalkan sebuah fitur percakapan suara baru dalam versi beta terkini mereka. Fitur ini memungkinkan 32 orang pengguna untuk terlibat dalam sesi audio atau berbicara secara live dalam satu waktu.

Menurut WABetaInfo, fitur percakapan suara baru ini bisa didapatkan melalui aplikasi WhatsApp versi beta dengan nomor 2.23.16.19. Versi beta terbaru ini sudah dirilis dan bisa digunakan oleh para pengguna Android yang menggunakan WhatsApp Beta.

Baca Juga

Pengguna yang mendapatkan akses terhadap versi beta ini bisa melihat adanya sedikit perbedaan di dalam group chat. Di versi beta terbaru ini, ikon gambar gelombang akan muncul ketika pengguna membuka group chat.

Untuk melakukan percakapan suara secara live bersama dengan anggota group chat lain, pengguna cukup menekan ikon bergambar gelombang tersebut. Setelah interface percakapan suara teraktivasi, semua anggota group chat bisa ikut berpartisipasi. 

Jumlah maksimal partisipan yang bisa ikut dalam percakapan suara ini adalah 32 orang.Dengan fitur baru ini, para pengguna bisa melakukan percakapan suara dengan lancar dan tanpa gangguan. Berbeda dengan fitur grup telepon , fitur percakapan live ini tidak akan memicu dering notifikasi pada semua anggota group chat secara terus-menerus.

Fitur percakapan live ini memungkinkan para anggota di dalam group chat untuk mengobrol selama satu jam. Setelah satu jam, sesi percakapan audio tersebut secara otomatis akan berakhir. 

Untuk melindungi keamanan para pengguna, percakapan suara atau audio yang berlangsung akan terenkripsi end-to-end.WABetaInfo mengungkapkan bahwa fitur terbaru ini masih terbatas untuk para pengguna WhatsApp Beta. 

Namun seperti dilansir IndiaToday pada Rabu (9/8/2023), WhatsApp diprediksi akan segera merilis fitur terbaru ini untuk pengguna WhatsApp secara umum.

Fitur serupa telah tersedia sejak 2020 bagi pengguna Telegram. Akan tetapi, fitur yang dihadirkan oleh WhatsApp kemungkinan akan menjadi lebih populer mengingat jumlah pengguna WhatsApp di dunia jauh lebih banyak, yaitu lebih dari 2 miliar pengguna.

Kehadiran fitur terbaru ini memungkinkan para pengguna WhatsApp untuk mengakses opsi berkomunikasi yang lebih beragam. Fitur ini tak hanya bermanfaat untuk mendekatkan pengguna dengan keluarga atau teman, tetapi juga bisa dimanfaatkan di lingkungan pekerjaan sebagai sarana brainstorming bersama kolega.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement