Rabu 09 Aug 2023 04:23 WIB

Body Checking Miss Universe Indonesia, Venna Melinda dan Shahnaz Haque Buka Suara

Venna mengapresiasi keberanian para finalis untuk angkat bicara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Peserta kontes kecantikan Miss Universe Indonesia diduga diminta telanjang ketika body checking/ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Peserta kontes kecantikan Miss Universe Indonesia diduga diminta telanjang ketika body checking/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah finalis kontes kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 dikabarkan harus menjalani sesi body checking tanpa busana. Dalam sesi tersebut, sebagian finalis bahkan diambil fotonya dalam kondisi tak berbusana.

Peristiwa ini turut mengundang keprihatinan selebriti tanah air yang pernah berkompetisi dalam ajang kontes kecantikan."Yang pasti saya turut prihatin atas kasus yang terjadi ya," jelas aktris sekaligus pemenang kontes kecantikan Puteri Indonesia 1994, Venna Melinda, saat dihubungi Republika pada Selasa (8/8/2023).

Baca Juga

Di sisi lain, Venna juga mengapresiasi keberanian para finalis untuk angkat bicara mengenai isu yang mereka hadapi meski mungkin tidak mudah. Menurut Venna, keberanian para finalis tersebut juga mencerminkan bahwa mereka memahami apa yang menjadi hak mereka di negara hukum.

"Artinya, kita di sini, perempuan Indonesia, tahu apa yang menjadi hak kita, hak hukum ya. Karena kan ini negara hukum," ujarnya.

Lebih lanjut, Venna menilai ajang kecantikan seharusnya berfokus pada tiga hal yaitu kecerdasan (brain), kecantikan (beauty), dan perilaku (behaviour). Oleh karena itu, fokus penilaian tak hanya berfokus pada penampilan tetapi juga konsep diri hingga program yang dimiliki oleh para kontestan. "Semacam program-program yang berhubungan dengan sosial," tambah Venna.

Sebagai pemenang Puteri Indonesia pada 1994, Venna juga berkesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran Miss Universe 1994 sebagai pengamat. Berbeda dengan sekarang, kala itu lisensi Miss Universe masih dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI) yang juga merupakan penyelenggara Puteri Indonesia.

Tak ada body checking di Miss Universe ...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement