Selasa 08 Aug 2023 19:25 WIB

Diapresiasi Alan Walker, Sounekat Makin Semangat Berkarya di Industri Tekno Musik

Besarnya dukungan masyarakat membuat Sounekat lebih semangat.

Sounekat asal Indonesia bersama Alan Walker (tengah).
Foto: Dok. Pri
Sounekat asal Indonesia bersama Alan Walker (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sounekat awalnya hanya ingin meramaikan industri musik Electronic Dance Music (EDM) Indonesia. Namun siapa sangka, sambutan masyarakat di Tanah Air begitu luar biasa, bahkan mendapat apresiasi dari Alan Walker, salah satu DJ paling terkenal di dunia.

Ceritanya, Sounekat ikut event DJ yang digelar Tiktok Live ID untuk mempromosikan single terbaru Alan Walker dan Sasha Alex Shoan berjudul Hero pada 23 Mei 2023. Sounekat berhasil memenangkan event tersebut dan berkesempatan bertemu Alan Walker pada 3 Juni 2023.

Baca Juga

"Rasanya senang banget, kami mengaguminya. Membuat kami lebih semangat untuk memajukan generasi muda dalam menghasilkan karya-karya musik," ungkap Sri Wahyuni, pendiri Sounekat seperti dinukil dari Youtube, Selasa (8/8/2023). 

Sounekat yang merupakan gabungan kata sound yang berarti suara, dan nekat, memang masih terbilang baru. Grup house musik digital berbasis ekonomi kreatif ini didirikan Sri Wahyuni pada 29 Agustus 2021. 

Awalnya hanya me-remix lagu, lalu mendistribusikannya ke platform digital YouTube mulai Juli 2022 dan TikTok di akhir 2022. "Kehadiran Sounekat diterima sangat  baik dan disambut antusias oleh masyarakat," kata perempuan kelahiran Jember, Jawa Timur, 30 Agustus 1989 ini.

Antusiasme masyarakat tampak dari besarnya pengikut Sounekat di media sosial. Sampai Juli 2023, akun TikTok @sounekat diikuti 513,5 ribu orang dan 16 ribu subscribers di YouTube. Sementara di Instagram, belum sebulan sudah 6339 followers dan 16 ribu di Facebook.

Pada 30 Oktober 2022, Sounekat melakukan pelatihan live streaming di TikTok yang dipelopori DJ Debora dan DJ Shella, sebagai upaya mengembangkan kreasi dan menyalurkan karya para generasi muda yang mengusung genre Breakbeat dan Jungle Dutch

"Setelah 6 bulan live streaming, Sounekat sering mendapatkan peringkat harian yang merupakan bentuk apresiasi masyarakat," kata Sri Wahyuni. 

Pada April 2023, DJ Vio bergabung dan memberikan warna baru yakni memberikan sentuhan vibes Jepang. DJ Vio adalah seorang Japanofilia yang lihai menari Jawa karena kerap mengikuti acara-acara adat Jawa sejak di bangku sekolah.

Besarnya dukungan masyarakat membuat Sounekat lebih semangat menghasilkan karya-karya yang lebih baik ke depannya. 

"Dukungan dan apresiasi masyarakat adalah modal dan penyemangat Sounekat untuk terus berkarya dan menghasilkan karya yang lebih baik sesuai harapan masyarakat," kata dia.

sumber : Youtube.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement