Selasa 08 Aug 2023 14:56 WIB

Gamer Merapat, Ini Cara Pacu Performa Gaming di Ponsel

Agar performa lebih baik saat main gim, ada perubahan yang perlu dilakukan di ponsel.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bermain gim di ponsel pintar (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Bermain gim di ponsel pintar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bagi sebagian besar pengguna, ponsel cukup bagus untuk bermain game saat bepergian. Faktanya, pengguna tidak memerlukan konsol game kecuali jika ingin memainkan gim eksklusif yang harus dimiliki. 

Meskipun ponsel cerdas menawarkan perangkat keras yang luar biasa, ada sejumlah perubahan kecil pada perangkat lunak yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan ponsel agar mendapatkan pengalaman bermain gim terbaik. Berikut beberapa tips cepat untuk meningkatkan kinerja gaming pada ponsel Anda, seperti dilansir dari Indian Express, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga

1.Tingkatkan kecepatan penyegaran layar

Sebagian besar smartphone sekarang menampilkan layar yang mampu beroperasi pada kecepatan refresh lebih tinggi dari 90Hz, 120Hz, dan beberapa perangkat bahkan menawarkan kecepatan refresh hingga 144Hz dan 165Hz. Pada sebagian besar ponsel, kecepatan penyegaran layar biasanya diatur ke rendah atau otomatis, di mana ponsel akan menyesuaikan kecepatan penyegaran secara otomatis untuk menghemat daya. 

Buka Pengaturan > Tampilan > Kecepatan penyegaran layar dan pilih opsi terbaik yang tersedia.

2. Aktifkan ‘jangan ganggu’ pada mode permainan

Banyak ponsel Android kini hadir dengan mode permainan khusus, di mana pengguna akan mendapatkan kontrol lebih besar atas permainan. Di ponsel Samsung, ini disebut Game Launcher, dan ponsel OnePlus, memiliki opsi yang sama di dalam aplikasi Games. 

 

3. Beralih ke jaringan Wi-Fi

Di dalam Wi-Fi, disarankan untuk terhubung ke jaringan 5GHz (Wi-Fi 5) atau 6GHz (Wi-Fi 6) untuk pengalaman bermain online yang tak tertandingi.

 

4. Tweak profil kinerja dan penghemat baterai

Jangan pernah memainkan game saat ponsel dalam mode hemat daya. Disarankan selalu menggunakan mode standar atau performa terbaik yang tersedia di perangkat untuk merasakan grafik fidelitas tinggi dan kecepatan refresh yang lebih tinggi. 

 

5. Aktifkan Dolby Atmos 

Ada beberapa gim Android yang mendukung audio Dolby Atmos dan mengaktifkannya agar menghasilkan pengalaman suara surround yang disempurnakan. Namun, tergantung pada perangkatnya, seseorang mungkin harus menggunakan headphone yang kompatibel untuk menikmati audio Dolby Atmos saat bermain game.

Di ponsel Samsung, buka Pengaturan > Kualitas dan efek suara > Dolby Atmos 

 

6. Gunakan aksesori gim

Aksesori gim tidak hanya akan membuat bermain game di smartphone menjadi menyenangkan, tetapi juga dapat menawarkan beberapa keuntungan melawan lawan. Demikian pula, untuk gim balapan dan tinju, pengguna bisa memasangkan kontrol nirkabel eksternal ke ponsel Android untuk pengalaman bermain game yang lebih baik.

 

Kiat bonus

Ada beberapa penyesuaian tambahan, yang akan semakin meningkatkan pengalaman bermain game di ponsel Android, sebagai berikut:

-Aktifkan Opsi Pengembang di smartphone Android

Buka Pengaturan> Tentang perangkat> nomor build dan ketuk lima kali dan masukkan kode sandi untuk mengaktifkan opsi pengembang. Setelah diaktifkan, ikuti pedoman individu ini untuk lebih meningkatkan pengalaman bermain game.

-Aktifkan/Nonaktifkan 4x MSAA (multisample anti-aliasing)

Jika Anda memiliki perangkat kelas atas, mengaktifkan fitur ini akan meningkatkan kinerja game. Demikian pula, kebutuhan yang sama harus dinonaktifkan pada ponsel entry-level.

Pernah mendengar tentang fitur "batas proses latar belakang"?

Membatasi proses latar belakang menjadi satu saja akan memastikan bahwa semua kekuatan komputasi CPU dan GPU akan dialokasikan hanya untuk satu aplikasi/game. Secara default, ini diatur ke batas standar dan memilih "paling banyak satu proses" untuk mengalami grafik terbaik. Namun, ini akan mempengaruhi kemampuan multitasking smartphone, di mana aplikasi latar belakang akan menjadi tidak aktif.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement