Senin 07 Aug 2023 17:04 WIB

Instagram Batasi DM dari Akun Asing, Seperti Apa?

Instagram membatasi jumlah pengiriman pesan langsung (DM) yang dikirim akun asing.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Instagram telah menerapkan batasan pesan untuk mencegah spam dan penyalahgunaan platform.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Instagram telah menerapkan batasan pesan untuk mencegah spam dan penyalahgunaan platform.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Instagram baru-baru ini menerapkan fitur baru untuk membatasi jumlah pengiriman pesan langsung (DM) yang dapat dikirim oleh akun asing. Artinya, jika pengguna menerima permintaan pesan dari seseorang yang tidak diikuti (di-follow) atau saling follow, maka hanya bisa menerima satu pesan dari mereka. 

Sebuah akun asing tidak bisa mengirim pesan lagi kecuali pengguna menerima permintaan pertemanan dari mereka. Instagram mengungkapkan perubahan ini dalam postingan blog-nya.

Baca Juga

“Instagram memiliki batasan untuk menghentikan pesan langsung yang mungkin tidak ingin diterima orang, seperti spam. Jika Anda diperingatkan tentang mengirim terlalu banyak pesan dan terus melakukannya, Anda mungkin tidak dapat mengirim lebih banyak pesan langsung untuk jangka waktu tertentu,” demikian dikutip dari Gizchina, Senin (7/8/2023).

Apa itu batas DM Instagram?

Batas DM Instagram mengacu terhadap batasan yang ditempatkan pada jumlah pesan langsung yang dapat dikirim dan diterima pengguna di platform. Namun, penting untuk dicatat bahwa batas pesan tidak memengaruhi pengguna yang saling mengikuti. Batasan ini dirancang untuk mencegah spam dan penyalahgunaan platform, serta memengaruhi pengguna individu dan bisnis.

Selain itu, masih ada lagi yang perlu diperhatikan dari batasan baru yang diumumkan oleh Instagram. Aplikasi ini memungkinkan akun mengirim sekitar lima hingga lima belas pesan langsung ke organisasi di aplikasi. Namun, jika akun Anda baru dan tidak tepercaya, Anda mungkin tidak diizinkan mengirim pesan langsung sebanyak itu dalam waktu satu jam. Pengguna juga mungkin tidak memiliki kebebasan itu jika akun pernah diblokir atau dihukum karena segala jenis kesalahan.

Mengapa ada batasan untuk mengirim pesan di Instagram?

Instagram telah menerapkan batasan pesan untuk mencegah spam dan penyalahgunaan platform. Instagram menjelaskan bahwa dengan membatasi jumlah pesan yang dapat dikirim dan diterima pengguna, aplikasi dapat memastikan bahwa platform tetap menjadi tempat yang aman dan menyenangkan bagi semua orang.

Perusahaan lebih lanjut menjelaskan bahwa membatasi jumlah pesan yang dapat dikirim pengguna ke organisasi akan membantu mencegah merek dari "pelecehan pesan". Selain itu, perusahaan juga membatasi berapa kali pengguna dapat meneruskan pesan hingga lima obrolan sekaligus. Ini adalah langkah lain yang dilakukan Instagram untuk mencegah penyebaran spam dan berita palsu di platform.

Bagaimana cara kerja batas DM Instagram?

Batas DM Instagram berfungsi dengan membatasi jumlah pesan langsung yang dapat dikirim dan diterima pengguna. Batas pastinya bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia dan kepercayaan akun pengguna. Itu juga tergantung pada jumlah pesan yang telah dikirim dan diterima pengguna di masa lalu.

Batas DM Instagram juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol berapa kali orang yang sama dapat mengirimi mereka pesan pribadi. Ini bekerja sehubungan dengan periode tertentu. Misalnya, pengguna dapat menetapkan batas DM Instagram satu pesan setiap lima menit. Ini berarti mereka hanya dapat menerima satu pesan dari pengguna yang sama dalam lima menit. Instagram percaya bahwa ini adalah cara yang baik untuk menjaga keamanan akun dari penipu dan modus kejahatan lainnya. 

Instagram telah menerapkan batasan pesan untuk mencegah spam dan penyalahgunaan platform. Batasan ini membatasi jumlah pesan langsung yang dapat dikirim dan diterima pengguna. Batasan dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia dan kepercayaan akun pengguna. Dengan menerapkan batasan ini, Instagram dapat memastikan bahwa platform tersebut tetap menjadi tempat yang aman dan menyenangkan bagi semua orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement