Jumat 04 Aug 2023 06:58 WIB

Punya Masalah Tidur? Coba Pakai Smartwatch Ini

Tiga dari empat orang di Asia Tenggara mengaku sulit tidur di malam hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menyadari pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan, Samsung membekali Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan fitur-fitur yangbertujuan meningkatkan kualitas tidur/ilustrasi
Foto: Samsung
Menyadari pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan, Samsung membekali Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan fitur-fitur yangbertujuan meningkatkan kualitas tidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anda kerap mengalami gangguan tidur? Tenang saja, rupanya Anda tidak sendiri. Menurut Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, ada studi yang menemukan bahwa dalam 10 tahun ini, pencarian informasi tentang insomnia sangat meningkat. “Anak Gen Z peduli pada kualitas tidurnya. Supaya kualitas tidur baik, ada beberapa tahap yang harus dilakukan,” kata Annisa dalam pertemuan zoom, Kamis (3/8/2023).

Tidur yang cukup punya banyak manfaat, seperti menciptakan perasaan lebih baik, tenang, dan rasional, kondisi jantung lebih sehat, meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh, serta membantu reparasi dan regenerasi sel. Sayangnya, hal ini justru bertolak belakang dari data yang diperoleh Mashable terkait kualitas tidur masyarakat di Asia Tenggara. 

Baca Juga

Menurut hasil studi tersebut, tiga dari empat orang di Asia Tenggara mengaku sulit tidur di malam hari. Sebanyak 27 persen responden dari Indonesia menyatakan susah tidur setidaknya beberapa kali dalam seminggu. “Menyadari betapa pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan, Samsung membekali Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan fitur-fitur yang kian disempurnakan bertujuan meningkatkan kualitas tidur penggunanya,” lanjut dia.

Ada fitur Sleep Monitoring yang memungkinkan pengguna melacak pola tidur dan mempelajari hasil Sleep Insights detail dan akurat langsung dari perangkat smartwatch. Pengguna bisa seolah memiliki sleep coach (pelatih tidur) pribadi dengan memanfaatkan fitur Sleep Coaching yang dipersonalisasi.

Ini bisa jadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas tidur dengan efektif, dan membangun wellness yang lebih baik dalam keseharian. Ada analisis rekomendasi yang ditampilkan di smartwatch yang bisa menjadi referensi maupun evaluasi pengguna.

Galaxy Watch6 Series memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat-perangkat smart home yang terintegrasi di SmartThings. Misalnya, bisa menyambungkan perangkat untuk mengatur on/off lampu atau AC. 

Perangkat juga bisa memanfaatkan konektivitas ekosistem antara Galaxy Watch6 Series dan smartphone Galaxy, seperti Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 untuk mengatur sleep routine di smartphone, agar notifikasi di aplikasi tertentu tidak mengganggu proses tidur. “Apa enak tidur pakai jam tangan? Ada strap bahan kain dibandingkan kulit/silikon, jadi nyaman,” kata dia.

Galaxy Watch6 hadir dalam pilihan ukuran 40mm dengan warna Graphite dan Gold di harga sekitar Rp 4 juta, serta ukuran 44mm di harga Rp 4,5 juta warna Graphite dan Silver. Ada pula pilhan desain jam tangan yang lebih premium dan tak lekang oleh waktu, Galaxy Watch6 Classic, yang memiliki rotating bezel. Galaxy Watch6 Classic tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Black dan Silver, dengan ukuran 43mm pada harga sekitar Rp 5,5 juta dan 47mm pada harga Rp 6 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement