Jumat 04 Aug 2023 13:22 WIB

Pelanggan X Blue Kini Bisa Unduh Video dari Situs Web, Begini Caranya

Banyak fitur baru yang diluncurkan untuk para pengguna X yang terverifikasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
X memberikan pengguna terverifikasi kemampuan untuk mempublikasikan unggahan hingga 25 ribu karakter dan mengizinkan mereka untuk mengunggah video hingga tiga jam.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
X memberikan pengguna terverifikasi kemampuan untuk mempublikasikan unggahan hingga 25 ribu karakter dan mengizinkan mereka untuk mengunggah video hingga tiga jam.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA–--X, jejaring sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, kini mengizinkan pengguna mengunduh video dari situs webnya, selama beberapa syarat terpenuhi. Seperti kreator harus secara eksplisit mengizinkan pengunduhan untuk konten yang mereka posting, serta telah bercentang biru atau berlangganan Blue. 

Pemilik X, Elon Musk, mengumumkan fitur baru ini di akunnya dan menjelaskan bahwa pengguna yang terverifikasi bisa mengunduh konten dengan mengetuk menu ellipsis (...), di sudut kanan atas layar saat video dalam mode layar penuh. Musk juga mengatakan bahwa X akan segera mempermudah pengunduhan video di ponsel hanya dengan mengetuk dan menahan konten di layar.

Baca Juga

Sebelumnya, orang harus menggunakan situs web dan aplikasi pihak ketiga untuk dapat menyimpan video. Tentu saja, pengguna non-centang biru masih harus menggunakan alat tersebut jika mereka ingin mengunduh konten dari X.

Hal ini tidak mengejutkan, mengingat perusahaan ini telah merilis fitur-fitur baru khusus untuk pengguna yang terverifikasi. Pada bulan Juli, seperti dilansir Engadget, Jumat (4/8/2023), mereka mengumumkan akan membatasi jumlah pesan pribadi (DM/direct message) para pengguna yang tidak membayar untuk mengatasi masalah spam. 

Sebelumnya, perusahaan juga membatasi jumlah unggahan yang bisa dilihat oleh pengguna yang tidak terverifikasi hingga 600 per hari.

Sementara itu, X memberikan pengguna terverifikasi kemampuan untuk mempublikasikan unggahan hingga 25 ribu karakter dan mengizinkan mereka untuk mengunggah video hingga tiga jam.

Baru-baru ini, mereka juga memberikan opsi kepada pelanggan Blue untuk menyembunyikan tanda centang biru, jika tidak ingin terlihat jelas bahwa mereka membayar untuk layanan ini. Untuk di Indonesia, berdasarkan Pusat Layanan Bantuan X, harga berlangganan Blue mulai dari Rp 120 ribu melalui website. Adapun untuk berlangganan tahunan lewat website, pengguna akan dikenakan biaya sebesar Rp 1,2 juta.

Musk telah menyatakan bahwa X Blue, dulunya Twitter Blue, memiliki banyak keunggulan bagi pengguna. Misalnya jumlah iklan lebih sedikit dari pengguna non-centang biru, jumlah cicitan yang lebih panjang, hingga kemampuan mengunggah video hingga 1 jam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement