Kamis 03 Aug 2023 09:27 WIB

Cek 7 Hal Ini Ketika Pilih Layanan Internet

Memiliki akses internet yang stabil dan cepat adalah penting.

-Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, baik untuk kebutuhan pribadi, kerja maupun pendidikan.   (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
-Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, baik untuk kebutuhan pribadi, kerja maupun pendidikan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, baik untuk kebutuhan pribadi, kerja maupun pendidikan.    

Melihat kebutuhan tersebut, memiliki akses internet yang stabil dan cepat adalah penting. Perusahaan infrastruktur digital Biznet melalui siaran pers, membagikan tujuh hal yang harus diperhatikan sebelum memilih penyedia layanan internet. 

Baca Juga

1. Kecepatan unduh dan unggah    

Salah satu faktor utama yang membuat konsumen menjatuhkan pilihan pada provider internet adalah kecepatan unduh dan unggah.    Kecepatan unduh menentukan seberapa cepat konsumen bisa mengakses dan mengunduh konten dari internet, sementara kecepatan unggah berfungsi untuk mengirim data, mengunggah berkas atau membagikan konten.    

2. Jenis layanan internet    

Berbagai penyedia internet di Indonesia menawarkan jenis layanan yang berbeda, antara lain internet kabel, serat optik, DSL dan satelit. Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.    Saat ini, internet serat optik masih menjadi yang tercepat, namun, mungkin belum menjangkau semua lokasi. Internet kabel dan DSL juga menyediakan kecepatan yang layak, sementara internet satelit cocok untuk wilayah yang sulit dijangkau layanan lainnya.    

 

3. Infrastruktur jaringan    

Cari tahu apakah penyedia layanan internet menggunakan teknologi terbaru seperti serat optik dan 5G untuk memastikan koneksi dan kecepatan internet. Provider dengan infrastruktur yang canggih dan mutakhir menawarkan koneksi yang lebih stabil dan kecepatan yang tinggi.    

 

4. Area jangkauan    

Area jangkauan juga menjadi hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan internet dari penyedia layanan. Pastikan bahwa layanan provider tersebut menjangkau tempat tinggal konsumen.    

 

5. Bandwidth     

Bandwidth merupakan kapasitas jaringan internet untuk mentransfer data dalam suatu waktu. Semakin besar bandwidth, maka semakin banyak data yang bisa diakses dan dipindahkan dalam waktu yang sama.    

Pilih penyedia layanan internet yang menyediakan bandwidth sesuai kebutuhan konsumen, apalagi jika konsumen memiliki banyak perangkat yang terkoneksi ke internet atau perlu streaming konten dengan kualitas tinggi.    

 

6. Ulasan pelanggan    

Ulasan dari pelanggan juga layak dipertimbangkan. Pelanggan biasanya memberikan pendapat yang cukup objektif tentang kecepatan, keandalan dan kualitas layanan dari penyedia layanan internet.    

 

7. Uji coba    

Beberapa penyedia layanan menawarkan periode uji coba supaya calon pelanggan bisa merasakan kualitas dan kecepatan koneksi sebelum memutuskan berlangganan. Manfaatkan periode uji coba itu untuk benar-benar melihat bagaimana kecepatan unduh/unggah, stabilitas koneksi sampai respons tim dukungan pelanggan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement