Selasa 01 Aug 2023 08:56 WIB

Tiga Langkah Mudah Unduh Film dan Serial TV di Netflix

Pengguna dapat mengunduh film dan acara TV di Netflix untuk ditonton secara offline.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan aplikasi Netflix versi terbaru, pengguna dapat mengunduh film dan acara TV di Netflix untuk ditonton secara offline. /ilustrasi
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Dengan aplikasi Netflix versi terbaru, pengguna dapat mengunduh film dan acara TV di Netflix untuk ditonton secara offline. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna Netflix terkadang tidak punya waktu untuk menyelesaikan menonton film atau serial favoritnya sekaligus secara streaming. Ada juga pengguna yang mungkin sedang tidak memiliki akses ke internet tapi masih ingin menonton acara favoritnya yang tertunda.

Dalam kasus seperti itu, pengguna dapat mengunduh film dan acara TV di Netflix untuk ditonton secara offline. Dengan aplikasi Netflix versi terbaru, pengguna dapat dengan mudah melakukannya lewat tiga langkah mudah berikut, dikutip dari laman GizChina, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga

 

1. Periksa kompatibilitas perangkat

Seperti yang sudah disebutkan, untuk mengunduh film dan acara TV di Netflix, pengguna harus memiliki aplikasi Netflix versi terbaru. Kompatibilitas perangkat juga perlu diperhatikan.

Pengguna bisa mengunduh tayangan dengan iPhone, iPad, atau iPod touch yang menjalankan iOS 9.0 atau lebih baru. Begitu juga ponsel atau tablet Android yang menjalankan Android 4.4.2 atau yang lebih baru. Opsi lain yakni tablet Amazon Fire yang menjalankan Fire OS 4.0 atau lebih baru.

Bisa pula mengunduh tayangan Netflix di Windows 10 (versi 1709 atau lebih baru), serta tablet atau komputer Windows 11. Hal sama berlaku untuk komputer Chromebook dan Chromebox, yang sudah dipasangkan aplikasi Netflix dari Google Play Store.

 

2. Temukan dan unduh film atau acara TV

Setelah memastikan sudah memiliki aplikasi Netflix versi terbaru di perangkat, langsung saja mengunduh film dan acara TV. Luncurkan aplikasi Netflix dan ketuk 'Unduhan' di bagian bawah. Ketuk acara TV atau film yang punya ikon 'Unduhan'. 

Keberadaan ikon itu menunjukkan apakah tayangan dapat diunduh. Bisa juga dengan memfilter berdasarkan apa yang tersedia untuk diunduh, sebab tidak semua judul tersedia untuk diunduh. 

Ketuk ikon 'Unduh', dan acara akan mulai diunduh ke perangkat. Pengguna dapat menyesuaikan file dan memilih kualitas dan episode video. Setelah pengunduhan selesai, acara tersebut bisa disimak kapan saja, di mana saja, tanpa koneksi internet.

 

3. Gunakan 'Unduhan untuk Anda'

Jika pengguna ingin memastikan bahwa selalu ada tayangan yang bisa ditonton secara offline, gunakan 'Unduhan untuk Anda'. Fitur ini secara otomatis mengunduh acara TV dan film yang menurut Netflix mungkin disukai ke perangkat.  

Cara mengaktifkan, buka aplikasi Netflix dan ketuk Unduhan. Di bagian atas layar, ketuk 'Unduhan Cerdas'. Gunakan ikon di bawah Unduhan untuk menghidupkan atau mematikannya. Saat 'Unduhan untuk Anda' diaktifkan, gunakan tombol + dan – untuk menyesuaikan jumlah penyimpanan (GB) yang akan diunduh untuk setiap profil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement