Sabtu 29 Jul 2023 14:07 WIB

Perbandingan Galaxy Z Flip 5 dan Flip 4, Apakah Layak Dibanderol Lebih Mahal?

Jajaran Galaxy Z Flip adalah salah satu ponsel lipat terlaris di dunia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jimin dalam iklan Samsung Galaxy Z Flip 5 membuat penggemar heboh.
Foto: Samsung
Jimin dalam iklan Samsung Galaxy Z Flip 5 membuat penggemar heboh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung telah meluncurkan edisi terbaru ponsel lipat terlarisnya, Samsung Galaxy Z Flip5. Bersamaan dengan Z Flip5, Samsung juga meluncurkan Galaxy Z Fold5, seri Galaxy Watch 6 baru, dan elektronik konsumen lainnya.

Terlepas dari peluncuran beberapa produk, sorotan utama dari keseluruhan acara peluncuran tampaknya adalah Z Flip 5. Ini karena perangkat tersebut datang dengan perbedaan mencolok, sejak Samsung mulai menjual jajaran Z Flip.

Baca Juga

Dilansir GIZ China pada Sabtu (29/7/2023), Galaxy Z Flip5 hadir dengan beberapa peningkatan besar dibandingkan pendahulunya. Namun, yang paling mencolok dari semuanya adalah layar luarnya. Galaxy Z Flip5 juga dilengkapi dengan teknologi lipat tanpa celah. Ini membuatnya terlipat rata tanpa celah seperti yang kita lihat pada model lama.

Samsung memastikan bahwa Galaxy Z Flip5 hadir dengan peningkatan di area penting, serta harganya. 

Jajaran Galaxy Z Flip adalah salah satu ponsel lipat terlaris di dunia. Salah satu area yang berperan besar dalam penjualannya adalah harganya yang sangat murah. Namun, edisi terbaru tampaknya melakukan pendekatan berbeda dalam hal harga. Sementara Flip4 diluncurkan dengan harga mulai dari 999 dolar AS (sekitar Rp Rp 15 juta), Z Flip5 dibanderol mulai dari 1.049 dolar AS (sekitar Rp 15,8 juta), atau hanya selisih 50 dolar AS (sekitar Rp 755 ribu).

Selisih sekitar Rp 700 ribuan tampaknya bukan jumlah yang banyak. Namun, ada pertanyaan tentang apakah Flip5 sepadan dengan harga yang lebih mahal itu? Haruskah pemilik Z Flip4 mempertimbangkan untuk meningkatkan ke edisi terbaru?

 

1. Perbandingan antara Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Flip5.

Cara terbaik untuk memutuskan apakah akan memutakhirkan ke versi terbaru dari ponsel apa pun adalah melihat lebih dekat spesifikasi masing-masing. Dengan ini, pengguna dapat menentukan apakah edisi baru benar-benar memiliki beberapa keunggulan yang bermanfaat dibandingkan edisi sebelumnya. Mempertimbangkan Galaxy Z Flip5, Samsung benar-benar telah meningkat cukup banyak, meskipun area lain tetap sama. Misalnya, pengguna yang mengharapkan peningkatan lensa kamera mungkin akan kecewa. Ini karena perangkat datang dengan konfigurasi kamera yang sama dengan Flip4.

 

2. Desain

Salah satu perbedaan utama yang menarik banyak orang ke Galaxy Z Flip5 adalah desainnya. Jika Anda memegangnya di tangan, Anda mungkin tidak merasakan banyak perbedaan. Namun, peningkatan besar-besaran di layar luar membuat Z Flip5 jauh lebih menarik daripada pendahulunya.

Sementara Flip4 menampilkan layar luar 1,9 inci yang lebih kecil, Z Flip5 menampilkan layar luar 3,4 inci yang lebih besar.Keduanya memiliki berat yang sama, yaitu 187 gram. Namun, Samsung telah melakukan banyak rekayasa pada desain engsel Z Flip5 agar terlihat lebih tipis. Daya tarik menarik lainnya adalah tidak adanya celah lipat di Flip5. Terakhir, Samsung mampu memperbaiki celah yang terlihat jelek untuk membuat Galaxy Z Flip5 terlipat penuh seperti ponsel flip lainnya, seperti Huawei P50 Pocket.

 

3. Layar 

Samsung sepertinya tidak terlalu fokus pada layar saat membangun Galaxy Z Flip5. Kedua perangkat memiliki banyak kesamaan dalam hal layar. Dari resolusi layar, kecepatan refresh, hingga ukuran layar, semuanya sama. Meskipun kecerahan meningkat menjadi 1.700 nits di Fold5, Flip5 mempertahankan 1.200 nits yang sama dengan Flip4. Satu-satunya perbedaan kecil di sini adalah rasio screen-to-body. Sementara Galaxy Z Flip4 memiliki rasio screen-to-body 84,5 persen, Flip5 menampilkan 85,5 persen. Perbedaan layar sangat sulit untuk diperhatikan. Selain itu, yang lainnya masih tetap sama. Bahkan lipatan di tengah layar lipat masih memiliki kedalaman yang sama.

 

4. Kamera 

Jika motivasi utama Anda untuk meningkatkan ke Z Flip5 adalah kameranya, Anda mungkin harus menunggu Flip6 pada tahun depan. Ini karena Samsung benar-benar memilih kamera di Flip4 dan menempatkannya di Flip5. Tidak ada satu pun perbedaan spesifikasi kamera antara kedua ponsel tersebut.

 

5. Baterai 

Bagian lain yang mengecewakan dari Galaxy Z Fold5 mungkin adalah baterainya. Artinya, jika Anda tidak terlalu puas dengan daya tahan baterai Flip4. Flip5 juga dilengkapi dengan baterai 3700mAh yang sama dengan yang digunakan perusahaan Korea Selatan itu pada pendahulunya. Anda juga mendapatkan pengisian daya 25W yang sama, pengisian nirkabel 15W, serta pengisian nirkabel terbalik 4,5W.

Pengguna yang menggunakan Z Flip5 mungkin memiliki sedikit keunggulan dibandingkan pengguna Flip4 dalam hal daya tahan baterai. Ini karena layar luar yang lebih besar pada Flip5 sekarang lebih berguna. Banyak pengguna mungkin lebih memanfaatkan layar luar daripada di Flip 4. Ini akan membantu menghemat banyak daya karena mereka tidak perlu membuka ponsel untuk setiap hal kecil.

 

6. Chipset dan kapasitas penyimpanan.

Dari segi spesifikasi teknis, disinilah letak perbedaan utamanya. Meskipun kedua perangkat menampilkan RAM 8GB yang sama, Flip5 selangkah lebih maju dalam hal penyimpanan dengan penyimpanan terendahnya adalah 256GB, bukan 128GB. Ini juga menampilkan penyimpanan UFS 4.0 yang lebih cepat daripada UFS 3.1 dari Flip4.Dari segi chipset, Flip5 juga memiliki fitur terbaru dari Qualcomm. Ponsel flip baru dari Samsung menampilkan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Sedangkan Flip4 hadir dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1.Dengan peningkatan penting ini, pengguna Flip5 akan merasakan bahwa perangkat mereka merespons lebih cepat dan membuka aplikasi lebih cepat daripada Flip4.

Mempertimbangkan fitur-fitur yang ditingkatkan seperti penyimpanan, chipset, layar luar, dan Galaxy Z Flip5 yang dapat dilipat tanpa celah, maka sangat layak untuk meningkatkan ponsel Anda. Setidaknya layar luar dan pelipatan tanpa celah cukup untuk memperhitungkan kenaikan harga sekitar Rp 700 ribuan. Namun, jika pengguna mencari peningkatan spesifikasi kamera dan masa pakai baterai yang lebih lama, Anda mungkin menganggap peningkatan ini tidak terlalu diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement