Jumat 28 Jul 2023 06:34 WIB

Bima Sakti Jelaskan Alasan Arkhan Kaka Absen dari Latihan Timnas U-17

Arkhan sudah dipulangkan ke Persis Solo.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti.
Foto: REPUBLIKA/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia U-17 masih menjalani seleksi sebelum terbentuk skuad inti yang akan diturunkan di kejuaraan Piala Dunia U-17 2023. Sebanyak 34 pemain mengikuti latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (27/7/2023) pagi WIB. Namun, Arkhan Kaka tidak terlihat dalam sesi latihan tersebut. 

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti menjelaskan Arkhan sudah dipulangkan ke Persis Solo, tetapi itu bukan berarti pemain kelahiran Blitar itu tidak lolos seleksi. Bima menjelaskan kepulangan Kaka ke Persis merupakan bagian dari perjanjian antara PSSI dan klub.

Baca Juga

"Soal Kaka, kita sudah komitmen dengan Persis solo. Bahwa Kaka akan kita panggil selama 2 minggu TC dan itu sangat penting buat Kaka juga dan buat pemain yang lain. Karena di awal TC kita akan melakukan beberapa tes termasuk tes kesehatan, medical check-up, tes fall, in-body, kemudian psikotest juga. Jadi dia harus melewatin itu dulu, hasilnya sudah ada dan setelah 2 pekan kita balikan ke klub," kata Bima usai memimpin latihan, Kamis (27/7/2023).

Bima menegaskan itu bukan berarti Kaka dicoret dari skuad Timnas Indonesia U-17. "Bukan, bukan dicoret. Karena memang sebenarnya si (Sulthan) Zaky juga ini, tapi sementara ini Zaky masih di sini," ujarnya menambahkan.

Setelah menggelar latihan sejak 10 Juli lalu, Bima menilai banyak perkembangan yang telah ditunjukkan oleh skuad Garuda Muda. Ia mengungkapkan para pemain beradaptasi dengan baik dan intensitas latihan akan terus ditingkatkan agar mereka siap menggelar laga uji coba melawan tim-tim yang kuat sebelum mentas di Piala Dunia U-17 2023 nanti.

"Progress-nya sangat luar biasa ya, dari mulai kita kemarin TC, ini sudah minggu ke-3 ya kita dan kondisi pemain sudah semakin membaik. Di awal memang kemarin banyak yang ada yang keram, kemudian ada yang sakit, tapi dalam 2-3 minggu ini progress-nya sudah semakin lebih baik," kata Bima.

Di samping itu Bima bersama PSSI juga menyeleksi pemain dari 12 kota dan memanggil pemain-pemain diaspora, selama proses tersebut beberapa nama keluar masuk dalam daftar 34 pemain yang ditangani Bima karena promosi dan degradasi. "Ya, sekarang ada 34 pemain dan kemarin kita sudah pulangkan beberapa pemain dan rencananya minggu ini kita akan ada pengurangan lagi," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement