Selasa 25 Jul 2023 17:31 WIB

Terbuka Luasnya Peluang di Dunia Tekno, Ini Tips dari Zidan Zulkarnain Agar Tetap Kreatif

Saat ini profesi konten kreator sangat digandrungi.

Ilustrasi content creator.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi content creator.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia tekno digital membuka luas peluang bagi siapapun, khususnya, untuk mereka yang kreatif. Zidan Zulkarnain Ramadhan, mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual di Telkom University, telah meniti karier di dunia industri kreatif.

Selain aktif sebagai mahasiswa, Zidan juga menjalankan pekerjaan lepas sebagai videographer dan video editor. Pemuda kelahiran Majalengka, Jawa Barat 9 Desember 2001 ini menempuh pendidikan di MTsN 5 Majalengka dari tahun 2014 hingga 2017, kemudian melanjutkan ke SMAN 1 Majalengka dari tahun 2017 hingga 2020.

Baca Juga

Saat ini, ia sedang menyelesaikan pendidikannya di Telkom University sejak tahun 2020 hingga 2024.

Dalam karier freelance-nya, Zidan telah menangani berbagai proyek, mulai dari skala perorangan hingga perusahaan. Dengan keahlian yang dimilikinya, ia telah membuktikan kemampuannya dalam menghasilkan karya-karya video. Selain itu, Zidan juga aktif dalam membuat konten video di akun Tiktok pribadinya, @zidanzul, yang membahas seputar videography dan video editing. Dengan 65 ribu pengikut, ia telah berhasil membangun basis penggemar yang cukup besar.

Salah satu karya Zidan yang viral adalah menyulap Alun-Alun Majalengka menjadi lebih estetik dengan pembawaan cinematography. “Alasan saya membuat video ini tepatnya di kota kelahiran saya adalah karena saya ingin mengenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia ataupun dunia, bahwa Majalengka mempunyai tempat yang indah,” ujar Zidan, Selasa (25/7/2023).

Zidan menjelaskan bahwa ia memiliki passion yang besar di bidang industri kreatif, terutama videography. Menurutnya, passion inilah yang memberikan kebahagiaan pribadi baginya dan memungkinkan ia untuk mengabadikan momen-momen berharga. Ia merasa senang dapat melihat kembali karya-karya yang telah ia ciptakan di masa mendatang.

"Passion ini membuat saya memutuskan untuk terjun ke dunia videography. Awalnya, merasa tidak memiliki kemampuan akademik yang baik dan merasa cemas akan nilai-nilai akademik. Namun, saya tidak membiarkan hal tersebut menghalangi untuk mengejar impian," kata dia.

Dengan sebuah kamera sebagai modal utama, Zidan memfokuskan diri pada bidang videography dan tidak terjebak dalam kecemasan akan nilai-nilai akademiknya.

Sejak bersekolah di SMA, Zidan telah aktif dalam berbagai kegiatan di bidang videographyIa terlibat dalam organisasi filmmaking yang ia dirikan sendiri, yaitu Ganesha Filmmaker.

photo
Praktisi kreator konten digital Zidan Zulkarnain. - (Dok. Pri)

Selama di SMA, ia meraih beberapa prestasi gemilang, seperti Juara 1 Lomba Film Pendek FLS2N Tingkat Kabupaten pada tahun 2018 dan 2019, Juara Harapan Lomba Video #KerenTanpaRokok Nasional tahun 2018, Juara 1 Video Edukasi Universitas Majalengka tahun 2020, Juara Favorit Videography HIMAKOM FISIP UGJ tahun 2019, serta Juara 3, Video Majalengka Create Youth Festival II tahun 2019.

Salah satu hal yang membuat dunia videography menarik bagi Zidan adalah bahwa bidang ini dapat dijalani oleh siapa saja. Meskipun awalnya ia tidak memiliki latar belakang di bidang ini dan tidak memiliki mentor yang mengajari, Zidan membuktikan bahwa semua itu dapat diatasi dengan niat dan keinginan yang besar. Dengan akses internet, ia dapat belajar dan mengembangkan kemampuannya di bidang ini. Ke depannya, Zidan berharap dapat membagikan pengalaman dan pengetahuannya tentang videography kepada orang lain.

Ia pun kerap membagikan pengalaman yang dimilikinya.

Pemerintah sendiri menaruh perhatian tinggi kepada para kreator konten. Indonesia bahkan menjadi tuan rumah TikTok Southeast Asia Impact Forum bulan lalu. 

Dalam kegiatan yang digelar akhir pekan kemarin itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta konten kreator TikTok menggunakan platform tersebut dengan baik. 

“Bermain lah TikTok dengan benar, hal yang gak perlu-perlu jangan lah. Boleh politik di TikTok tapi jangan yang bikin ribut. Gunakan yang dapat menjadi pembelajaran,” kata Luhut. 

Luhut juga mengajak konten kreator TikTok Indonesia untuk lebih bangga dengan Indonesia. “Anda sekalian generasi muda Indonesia perlu bangga dengan negara ini. Tentu kita menghadapi permasalahan di sana-sini, tapi di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia berjalan dengan baik pada delapan tahun terakhir,” kata dia di depan para konten kreator aplikasi TikTok, demikian dilansir dari Antara. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement