Ahad 23 Jul 2023 10:43 WIB

5 Alasan Perlu Pilih Aplikasi Email yang Tepat

Dalam dunia kerja yang serbacepat saat ini, email adalah mode komunikasi utama.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu alasan utama untuk memiliki aplikasi email yang tepat untuk tempat kerja Anda adalah untuk memungkinkan komunikasi yang cepat dan efisien./ilustrasi
Foto: Dok. Web
Salah satu alasan utama untuk memiliki aplikasi email yang tepat untuk tempat kerja Anda adalah untuk memungkinkan komunikasi yang cepat dan efisien./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Email adalah alat penyampaian informasi yang sangat bagus di tempat kerja, dan memiliki aplikasi email yang tepat dapat sangat meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dalam dunia kerja yang serbacepat saat ini, email adalah mode komunikasi utama.

Sayangnya, beberapa orang tidak melihat alasan mengapa mereka membutuhkan aplikasi email yang layak di tempat kerja mereka. Kita akan membahas beberapa alasan mengapa ada kebutuhan akan aplikasi email yang tepat untuk tempat kerja seperti dilansir dari laman GizChina, Ahad (23/7/2023).

Baca Juga

 

1. Komunikasi cepat

Salah satu alasan utama untuk memiliki aplikasi email yang tepat untuk tempat kerja Anda adalah untuk memungkinkan komunikasi yang cepat dan efisien. Aplikasi email yang baik harus memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Seharusnya dengan mudah memungkinkan pengguna untuk menulis, mengirim, dan menerima email. Itu juga harus menyediakan fitur seperti pelengkapan otomatis, template email, dan kemampuan untuk menjadwalkan email untuk pengiriman nanti. Fitur-fitur ini dapat menghemat waktu Anda dan memastikan pesan Anda terkirim tepat waktu.

 

2. Kerja tim yang lebih baik

Aplikasi email yang tepat dapat memberi pengguna dalam tim tautan yang baik antara semua anggota. Untuk tujuan ini, merek memerlukan aplikasi email yang memungkinkan Anda berbagi file dan dokumen dengan mudah, menautkan ke draf, dan melacak perubahan. Beberapa aplikasi email bahkan berintegrasi dengan alat manajemen proyek. Ini akan memungkinkan penggunanya membuat tugas dan menugaskannya ke anggota tim langsung dari kotak masuk Anda. Tingkat integrasi ini dapat memeriksa alur kerja dan meningkatkan hasil tim.

 

3. Lebih mudah mengatur info

Ini bisa menjadi tugas yang sangat besar dan memakan waktu untuk mengelola kotak masuk yang menerima ratusan email setiap hari. Ini adalah alasan lain mengapa tempat kerja membutuhkan aplikasi email yang tepat. Aplikasi email yang tepat harus menawarkan fitur pengaturan yang kuat untuk membantu Anda tetap teratur dan fokus. Cari fitur seperti folder khusus, filter, dan tag yang memungkinkan Anda menempatkan email dalam urutan prioritas.

Selain itu, beberapa aplikasi email menawarkan fitur kotak masuk cerdas yang menyortir dan memprioritaskan email Anda berdasarkan kepentingan atau relevansinya. Proses ini dilakukan oleh sistem sehingga Anda tidak perlu mengatur email sendiri. Fitur organisasi ini dapat membantu Anda tetap memantau email dan mengurangi risiko kehilangan email penting.

 

4. Keluaran lebih tinggi

Dalam hal keluaran atau produktivitas tim, aplikasi email yang tepat juga dapat membantu menjadikannya lebih baik. Ada beberapa aplikasi email yang dilengkapi dengan fitur seperti snoozing, yang memungkinkan Anda untuk sementara menyembunyikan email dari kotak masuk dan mengembalikannya nanti saat Anda siap untuk mengatasinya. Juga, ada fitur lain yang berguna seperti fitur email seperti template email. Ini dapat memungkinkan pengguna menghemat waktu dengan membiarkan mereka membuat tanggapan tertulis sebelumnya untuk pertanyaan atau permintaan umum.

Selain itu, beberapa aplikasi email menawarkan fitur pencarian lanjutan yang memudahkan untuk menemukan email atau lampiran tertentu di dalam kotak masuk Anda. Fitur peningkatan produktivitas ini dapat membantu Anda bekerja lebih efisien dan efektif.

 

5. Keamanan dan privasi

Di era digital saat ini, keamanan dan privasi sangat penting. Aplikasi email yang tepat harus memprioritaskan perlindungan informasi sensitif Anda dan menyediakan fitur keamanan yang kuat. Cari aplikasi email yang menawarkan enkripsi ujung ke ujung, autentikasi dua faktor , dan pemfilteran spam untuk melindungi email Anda dan mencegah akses tidak sah.

Selain itu, beberapa aplikasi email memungkinkan Anda mengatur email rahasia atau penghancuran otomatis, yang dapat berguna saat berbagi informasi sensitif. Dengan memilih aplikasi email dengan langkah-langkah keamanan dan privasi yang kuat, Anda dapat merasa tenang karena mengetahui bahwa obrolan Anda aman.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement