Ahad 23 Jul 2023 11:00 WIB

Deretan 5 Robot Paling Populer di Dunia

Robot bertransformasi dari konsep imajinatif menjadi perangkat penting untuk manusia.

Ada lima jenis robot paling populer yang membentuk dunia dan masa depan/Ilustrasi
Foto: Dailymail
Ada lima jenis robot paling populer yang membentuk dunia dan masa depan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Robot, yang sebelumnya fiksi, kini menjadi nyata dan masuk dalam industri kita. Bahkan pasar robotika diperkirakan hampir dua kali lipat pada tahun 2027, menekankan signifikansinya yang meningkat.

Robot, di berbagai bidang, bertransformasi dari konsep imajinatif menjadi alat penting. Robot, dalam berbagai bentuk dan fungsinya, telah lama menyita imajinasi manusia.

Baca Juga

Berikut ini lima jenis robot paling populer yang membentuk dunia dan masa depan. 

1. Robot industri, raksasa dunia manufaktur

Dilansir dari Tech Wire Asia, Ahad (23/7/2023), seperti WALL-E, robot pengumpul sampah Pixar yang rajin dan menyenangkan, robot industri adalah pekerja keras industri manufaktur yang tak kenal lelah. Tidak seperti WALL-E, keajaiban mekanis ini bekerja di lingkungan yang sangat terkontrol, melakukan tugas mulai dari pengelasan dan pengecatan hingga perakitan dan inspeksi produk. Meskipun tidak memilah sampah seperti WALL-E, mereka memastikan mobil, komputer, dan bahkan kaleng soda favorit dirakit dengan presisi dan konsistensi.

 

2. Robot layanan, siap melayani Anda, kapan saja, di mana saja

Robot layanan ada di sini untuk melayani, tetapi tidak seperti Rosie dari The Jetsons. Robot layanan saat ini melakukan tugas mulai dari menyedot debu rumah hingga mengantarkan layanan kamar di hotel. Munculnya robot layanan telah menciptakan perpaduan sempurna antara teknologi dan kenyamanan, memastikan tugas-tugas biasa dijalankan secara efisien tanpa hambatan.

Bahkan ada Ameca, disebut-sebut sebagai robot humanoid 'tercanggih di dunia', yang menyapa pengunjung di sebuah museum di Dubai, UEA, setelah meyakinkan staf bahwa itu bukan pengganti mereka. Dibuat oleh perusahaan Engineered Arts yang berbasis di Cornwall, Ameca dapat menjawab pertanyaan dan memberikan arahan di Museum of the Future, menggunakan AI untuk menghasilkan ucapan dan meniru berbagai ekspresi wajah.

 

3. Robot medis, pelindung senyap layanan kesehatan

Sama seperti Baymax, pendamping perawatan kesehatan tiup dari Big Hero 6, robot medis adalah juara tanpa tanda jasa dalam industri perawatan kesehatan. Meskipun mereka mungkin tidak dapat dipeluk seperti Baymax, mereka melakukan operasi dengan presisi tinggi, membantu rehabilitasi, dan memberikan perawatan pasien. Dari Da Vinci Surgical System hingga prostetik robotik, robot-robot ini mengubah kehidupan dan merevolusi perawatan kesehatan.

The Da Vinci System menggunakan penglihatan definisi tinggi 3D yang diperbesar dan kontrol yang melekat pada pergelangan tangan dan tangan ahli bedah untuk melakukan sayatan presisi yang mungkin menantang tangan manusia.

 

4. Robot sosial, sahabat pemula di masa depan

Adakah yang pernah menginginkan pendamping seperti BB-8 atau R2-D2 dari Star Wars? Tidak terlihat lagi dari robot sosial. Mesin cerdas emosional ini dirancang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia, menawarkan persahabatan, hiburan, dan bahkan pendidikan. Perusahaan robotika seperti Softbank Robotics dengan robot Pepper mereka, dan Anki dengan Cozmo, telah mewujudkan mimpi yang sangat mengada-ada untuk memiliki teman robotik.

 

5. Kendaraan otonom, menyelusuri jalan dengan robotika

Saat memikirkan kendaraan otonom, orang mungkin membayangkan KITT dari Knight Rider, mahir menavigasi lalu lintas. Namun, kendaraan otonom kontemporer, seperti yang dikembangkan oleh Tesla, mungkin tidak memiliki kemampuan KITT, tetapi menghadirkan fitur revolusioner, kemampuan untuk mengangkut penumpang dengan aman dan efisien tanpa campur tangan manusia.

Dengan perangkat lunak FSD (Full Self Driving), mobil Tesla dapat membuat keputusan mengemudi mandiri yang lebih cerdas berkat peningkatan perangkat keras, meningkatkan kemampuan AI perusahaan secara keseluruhan. Sistem AI perusahaan mengumpulkan data visual dari delapan kamera di mobil secara real-time dan menghasilkan keluaran 3D untuk mendeteksi rintangan, gerakan, jalur, jalan, dan lampu lalu lintas, membantu mobil membuat keputusan yang tepat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement