Kamis 20 Jul 2023 19:10 WIB

ChatGPT, Google Bard, Claude 2, atau Bing Chat, Mana Lebih Unggul?

Ada perbandingan 4 chatbot AI yang kini populer dalam masyarakat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sudah banyak chatbot AI yang diperkenalkan ke publik, dan beberapa di antaranya cukup populer/ilustrasi
Foto: UNM
Sudah banyak chatbot AI yang diperkenalkan ke publik, dan beberapa di antaranya cukup populer/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penyelesaian pekerjaan di era kekinian punya tenggat waktu yang ketat dan perlu mengintegrasikan berbagai teknologi. Chatbot AI, program kecerdasan buatan yang mampu menyimulasikan percakapan melalui teks, suara, atau keduanya, muncul sebagai solusi yang menarik.

Sudah banyak chatbot AI yang diperkenalkan ke publik, dan beberapa di antaranya cukup populer seperti ChatGPT, Google Bard, Claude 2, dan Bing Chat. Bingung memilihnya? Berikut perbandingan empat chatbot AI tersebut, dikutip dari laman Indian Express, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga

 

- ChatGPT, bot obrolan AI yang konsisten

Diperkenalkan pada November 2022 oleh OpenAI, ChatGPT terus memenangkan hati pengguna dengan tanggapannya yang mengesankan seperti manusia. Model pembelajaran mesin ini telah menjadi sumber daya untuk semua jenis informasi.

ChatGPT juga punya berbagai macam plugin yang berguna untuk meringkas dokumen, video YouTube, mengembangkan kode, menafsirkan data, menjelajahi Internet, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan ChatGPT, cukup masuk ke OpenAI.com dengan alamat email yang valid. Ada versi reguler maupun versi berlangganan ChatGPT Plus.

 

- Google Bard untuk respons khusus yang lebih besar

Raksasa pencarian Google memperkenalkan Bard pada Maret 2023. Selama beberapa bulan terakhir, Google telah membuat beberapa peningkatan signifikan dan memperkenalkan banyak fitur. Misalnya, text-to-voice dalam lebih dari 40 bahasa (text-to-voice) dan integrasi dengan Google Lens.

Pengguna sekarang dapat menyesuaikan respons Bard dalam lima cara, yakni nada sederhana, panjang, pendek, profesional, atau santai. Untuk menggunakan Google Bard, pengguna cukup masuk ke bard.google.com. Chatbot AI ini telah diperluas ke lebih banyak wilayah di seluruh Uni Eropa dan Brasil.

 

- Claude 2 untuk analisis dokumen secara mendalam

Claude 2 adalah chatbot AI besutan perusahaan rintisan Anthropic yang berbasis di San Francisco, AS. Keunggulannya adalah bebas digunakan dan kemampuannya untuk meringkas hampir semua dokumen. Pengguna dapat mengunggah lebih dari satu dokumen ke Claude dan memintanya untuk menganalisis temuan dan menemukan kesamaan di antara dokumen.

Claude 2 punya kemampuan mencerna hingga 100.000 token yang setara dengan 75.000 kata dalam satu prompt. Versi Claude terkini diklaim memberikan respons dengan cara yang lebih baik dan kontekstual. Untuk saat ini, Claude 2 hanya tersedia di Inggris dan AS.

 

- Bing Chat, jendela ke internet

Bing Chat adalah sumber yang bagus bagi pengguna yang ingin menjelajahi internet untuk mencari informasi. Didasarkan pada model bahasa GPT-4, Bing Chat dapat melakukan pencarian web dan menawarkan rekomendasi bersama dengan tautan.

Tidak hanya menghasilkan konten, tetapi juga dapat membuat gambar. Saat ini, pengguna mendapatkan 20 obrolan per sesi dan 200 obrolan per hari. Untuk menggunakan Bing Chat, buka Bing.com di Microsoft Edge, ketuk Obrolan dan ajukan pertanyaan di kotak input di bagian bawah. Bing Chat bisa diakses secara gratis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement