Rabu 19 Jul 2023 22:52 WIB

Benarkah Apple Siapkan iPhone yang Bisa Digulung?

Perangkat elektronik mungkin saja memiliki layar yang dapat digulung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple disebut-sebut sedang mempersiapkan iPhone terbaru dengan layar yang bisa digulung.
Foto: Daily Mail
Apple disebut-sebut sedang mempersiapkan iPhone terbaru dengan layar yang bisa digulung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple belum meluncurkan ponsel yang dapat dilipat seperti saingannya Samsung dan Motorola, tetapi raksasa teknologi itu mungkin sedang mengerjakan iPhone yang dapat digulung yang akan menjadi yang pertama.

Paten baru menggambarkan perangkat yang terlihat seperti buah yang digulung dengan layar tipis yang melengkung di sekitar sumbu saat disimpan. IPhone yang digulung akan memiliki lapisan kaca pelindung di atas layar untuk melindunginya dari goresan dan kerusakan lainnya saat digulung dan dibuka. Dokumen tersebut juga menyarankan penambahan pelapis pada lapisan luar, seperti lapisan anti-noda, anti-kabut, anti pantulan, dan anti-statis.

Baca Juga

Apple akan meluncurkan iPhone 15 pada bulan September, jadi jika perusahaan merilis ponsel yang dapat digulung, itu tidak akan terwujud sampai tahun 2024, itu pun paling cepat. Namun, paten yang dimiliki Apple tak terhitung jumlahnya yang akhirnya berujung tak terwujud menjadi teknologi dunia nyata.

Terlepas dari itu, raksasa teknologi itu adalah jendela yang menarik untuk melihat apa yang bisa terjadi di masa depan. "Perangkat elektronik mungkin memiliki layar yang dapat digulung. Layar dapat dipindahkan antara keadaan tidak digulung di mana layarnya datar dan keadaan digulung di mana bagian layar yang dapat digulung digulung untuk disimpan," bunyi paten tersebut seperti dilansir dari laman Daily Mail Rabu (19/7/2023).

Ini menggambarkan tampilan yang menampilkan susunan piksel untuk menentukan bentuk dan warna gambar digital yang ditampilkan di layar. Layar juga akan membengkok di sekitar sumbu saat digulung ke roller untuk disimpan.

Apple menyarankan untuk mendesain bagian dalam ponsel dengan beberapa lapisan untuk melindunginya dari kerusakan saat digulung dan keluar. Lapisan pertama dapat dibuat dari lapisan, diikuti oleh yang lain dari polimida, sejenis plastik yang digunakan dalam segala hal mulai dari komponen pesawat hingga barang olahraga dan perekat.

Dan lapisan luarnya akan menjadi yang paling tipis dan terbuat dari polimer yang populer di kantong plastik, pakaian, dan peralatan masak berlapis teflon.

Polimer tangguh dan menyediakan isolasi termal dan listrik. "Dalam jenis pengaturan ini, lapisan dapat membantu mencegah goresan yang relatif dalam pada lapisan menembus ke permukaan luar lapisan kaca, sedangkan lapisan, yang dapat dibentuk dari polimer yang lebih keras daripada lapisan, dapat membantu melindungi permukaan lapisan dari goresan. dapat membuat kabut atau perubahan lain yang terlihat pada lapisan," demikian informasi dari paten tersebut.

Ini bukan paten pertama Apple yang menjelaskan iPhone yang dapat digulung, raksasa teknologi itu menerbitkan yang lain pada tahun 2020. Dokumen tersebut menjelaskan tampilan fleksibel yang 'dibungkus di sekitar satu atau lebih rol', memungkinkan layar ditarik keluar dari 'perumahan' dan diputar kembali saat tidak digunakan.

Paten berjudul 'Perangkat elektronik dengan struktur tampilan fleksibel' diajukan pada Desember 2017 dan diterbitkan pada 24 Maret 2020.

Perangkat mungkin memiliki rol yang menyimpan tampilan fleksibel dan yang membantu menyebarkan tampilan dari dalam wadah saat area tampilan tambahan diinginkan, demikian bunyi paten tersebut.

Desain baru Apple dilengkapi dengan sirkuit pemancar dan penerima nirkabel yang menampilkan gambar di layar dalam format susunan piksel.

Magnet juga digunakan di kedua sisi untuk membantu mencegah tampilan fleksibel yang digulung dari kerutan. Namun, paten Apple tahun 2020 menunjukkan bahwa desain tersebut tidak akan terbatas pada iPhone, karena iPad yang dapat digulung juga dibahas dalam dokumen tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement