Rabu 19 Jul 2023 21:51 WIB

Kongres AS Segera Adakan Rapat Khusus tentang UFO, Ada Apa?

Pemerintah AS dituding memiliki program rahasia yang kemungkinan ilegal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pemerintah AS akan mengadakan dengar pendapat tentang benda terbang tak dikenal (UFO) pekan depan/ilustrasi
Foto: Reuters
Pemerintah AS akan mengadakan dengar pendapat tentang benda terbang tak dikenal (UFO) pekan depan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Banyak hal sangat aneh terjadi di Amerika Serikat (AS) akhir-akhir ini. Maka, ketika pemerintah AS akan mengadakan dengar pendapat tentang benda terbang tak dikenal (UFO) pekan depan boleh jadi hal ini tak lagi terlalu  mengejutkan. 

The House Oversight Committee merencanakan pertemuan kecil pada tanggal 26 Juli untuk menangani topik UAP (fenomena udara tak dikenal), sebelumnya disebut UFO. Sidang akan dipimpin oleh perwakilan Partai Republik Anna Paulina Luna dari Florida dan Tim Burchett dari Tennessee.

Baca Juga

Agenda sebenarnya yang akan dibahas di persidangan itu sendiri tidak jelas tetapi Burchett telah mengumumkan bahwa dia akan menggantikan Fox Mulder sebagai penyelidik paranormal yang tangguh. Pada hari Senin, dia hanya mencuit: “Kami sudah selesai menutup-nutupi," ujarnya seperti dilansir dari laman Gizmodo, Rabu (19/7/2023).

Belakangan, ketika ditanyai oleh wartawan tentang sidang yang akan datang, dia menggambarkan acara tersebut sebagai contoh autentik pembangkangan terhadap negara keamanan nasional yang keruh. "Kami memiliki profesional di sini dan kami mendapat pukulan balik dari beberapa lembaga. Saya muak dengan pemerintah yang tidak mempercayai rakyat," katanya.

Amerika telah melihat minat baru pada UFO sebagian besar sebagai akibat dari David Grusch, mantan pejabat kontraintelijen yang mengklaim bahwa pemerintah AS menyembunyikan bukti jatuhnya pesawat yang bukan dari dunia ini.

Klaim Grusch, yang awalnya diterbitkan di media The Debrief menyatakan bahwa ada banyak program "hitam" yang sudah berlangsung lama di dalam pemerintah yang menangani pengambilan pesawat terbang tak dikenal. Grusch mengatakan bahwa program yang sangat rahasia ini telah "bersarang" di dalam proyek dan program rahasia lainnya dan kemungkinan besar melibatkan aktivitas ilegal. Artikel tersebut mengutip banyak pejabat tinggi pemerintah, yang semuanya tampaknya menguatkan apa yang dikatakan Grusch.

Grusch memiliki setidaknya beberapa alasan untuk mengomentari topik ini karena dia sebelumnya bertugas di tim internal Defense Department, the Unidentified Aerial Phenomena Task Force, yang mempelajari UFO. Grusch mengklaim dia meninggalkan layanan pemerintah pada bulan April untuk memajukan akuntabilitas pemerintah melalui kesadaran publik.

Sebagai bagian dari kampanye kesadaran publik itu, Grusch telah membuat sejumlah klaim yang terkesan mengada-ada, termasuk bahwa AS mungkin telah mengambil "pilot" UFO yang mati sebagai hasil dari program pengambilan UFO rahasianya, bahwa orang Amerika mungkin telah dibunuh untuk melindungi program tersebut dan bahkan AS menemukan pesawat luar angkasa alien dari diktator fasis Benito Mussolini pada tahun 1933.

Ketua dewan Kevin McCarthy tampaknya tidak menganggap serius sidang yang akan datang. "Saya pikir jika kami menemukan UFO, Departemen Pertahanan akan memberi tahu kami karena mereka mungkin ingin meminta lebih banyak uang," ujarnya.

John Kirby, seorang pejabat komunikasi Dewan Keamanan Nasional mengatakan pihaknya tidak akan mendirikan organisasi di Pentagon untuk menganalisis dan mencoba mengumpulkan dan mengoordinasikan cara penampakan ini dilaporkan jika mereka tidak menganggapnya serius.

"Saya mengira pemerintah selalu menganggap UFO sebagai topik konyol yang akan disambut dengan tatapan mata terus-menerus ketika disinggung oleh anggota masyarakat. Tampaknya kita sedang mengubah keadaan sekarang? Hari yang aneh. Lebih baik dengarkan minggu depan untuk melihat apa yang harus diungkapkan pemerintah," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement