Rabu 19 Jul 2023 20:35 WIB

Ponsel Android Terasa Lemot, Coba 7 Tips Tingkatkan Kinerja Ini

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kecepatan ponsel.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa tindakan dasar yang bisa dilakukan guna mengoptimalkan kecepatan dan kinerja ponsel Android.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ada beberapa tindakan dasar yang bisa dilakukan guna mengoptimalkan kecepatan dan kinerja ponsel Android. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kinerja perangkat elektronik, termasuk ponsel, akan mulai terasa lambat saat masanya tiba. Hal itu tentu merupakan kejadian umum. Namun, rupanya ada beberapa tindakan dasar yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kecepatan dan kinerja ponsel Android. Berikut tujuh tips-nya, seperti dilansir dari Gizchina, Rabu (19/7/2023).

1. Perbarui Ponsel ke Versi Android Terbaru

Periksa apakah versi baru Android tersedia untuk perangkat Anda? Pembaruan ini melakukan dua hal. Pertama, mengatasi masalah keamanan apa pun yang mungkin ada di versi sebelumnya. Kedua, itu akan membuat perangkat lunak ponsel Android dioptimalkan untuk kinerja.

Baca Juga

 

2. Pertimbangkan Memasang Custom ROM

Ponsel pada akhirnya akan mencapai status end-of-support (EOS). Saat perangkat mencapai status EOS, Anda dapat memilih custom ROM. Ada banyak sekali ROM yang dioptimalkan untuk kinerja, seperti LineageOS, Pixel Experience, dan ParanoidAndroid.

 

3. Sering Restart Perangkat Android

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja ponsel Android adalah dengan melakukan restart. Mem-boot ulang ponsel Android akan menutup semua proses latar belakang yang tidak perlu yang mungkin berjalan di perangkat. Ini pada akhirnya akan membebaskan RAM dan membiarkan ponsel menawarkan kinerja yang cepat.

 

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Perangkat membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup untuk menjalankan aplikasi dengan benar. Faktanya, menurut Google, pengguna lebih mungkin menghadapi masalah kinerja saat ponsel Android memiliki sisa penyimpanan kurang dari 10 persen. Ingin tahu alasannya? Saat ruang penyimpanan lebih sedikit, aplikasi gagal menyimpan file cache.

 

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Adalah hal normal untuk memasang banyak aplikasi di ponsel Android. Tapi aplikasi yang jarang digunakan dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja perangkat.

Buka Google Play Store, klik profil Anda, dan pilih "Kelola aplikasi dan perangkat". Anda akan melihat "Kelola tab" di mana aplikasi difilter berdasarkan "paling jarang digunakan". Hapus aplikasi yang tidak perlu.

 

6. Instal Aplikasi Lite

Sebagian besar aplikasi penting memiliki versi lite yang tersedia. Misalnya, Facebook Lite dan Messenger Lite. Versi ringan aplikasi ini tidak membutuhkan banyak sumber daya seperti alternatif lengkapnya. Hasilnya, ponsel tidak harus bekerja sekeras aplikasi biasa untuk menjalankannya. Jadi, pengguna bisa mendapatkan kinerja yang lebih cepat saat menjalankan aplikasi tersebut.

 

7. Sesuaikan Kecepatan Animasi Sistem Ponsel

Anda bisa masuk ke pengaturan lanjutan untuk mengoptimalkan ponsel Android. Pengaturan yang paling berpengaruh adalah kecepatan animasi sistem. Sebenarnya, penyesuaian ini tidak akan benar-benar mempercepat kinerja ponsel Anda. Tapi itu akan membuat semuanya lancar, memberi Anda persepsi bahwa kinerja perangkat lebih baik.

Untuk ini, Anda perlu mengaktifkan opsi pengembang dari Pengaturan ponsel Android. Kemudian, buka pengaturan pengembang, dan gulir ke bawah ke pengaturan skala animasi. Ubah setiap pengaturan menjadi .5x untuk melihat animasi yang lebih cepat di perangkat Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement