Rabu 12 Jul 2023 18:51 WIB

Pesaing ChatGPT Telah Hadir, Ini Cara Mengaksesnya

Chatbot Claude 2 dari Anthropic, pesaing ChatGPT, kini tersedia untuk umum.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Chatbot Claude 2 dari Anthropic, pesaing ChatGPT, kini tersedia untuk umum. Anthropic didirikan oleh mantan anggota senior tim OpenAI Daniela dan Dario Amodei.
Foto: UNM
Chatbot Claude 2 dari Anthropic, pesaing ChatGPT, kini tersedia untuk umum. Anthropic didirikan oleh mantan anggota senior tim OpenAI Daniela dan Dario Amodei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Chatbot Claude 2 dari Anthropic, pesaing ChatGPT, kini tersedia untuk umum. Anthropic didirikan oleh mantan anggota senior tim OpenAI Daniela dan Dario Amodei.

Rintisan tersebut dimaksudkan untuk menjadi perusahaan yang lebih etis dan membuat kecerdasan buatan (AI) generatif aman serta "dapat dikendalikan", menurut situs webnya. Pada bulan Februari, dikabarkan bahwa Google telah berinvestasi dalam startup AI. Model bahasa besar adalah versi kedua dari Claude, yang sebelumnya hanya tersedia untuk bisnis.

Baca Juga

Tidak seperti Claude dari Anthropic, Claude 2 tersedia melalui situs beta publik (serta API). Menurut pengumuman tersebut, Claude 2 mendapat skor 76,5 persen pada bagian pilihan ganda ujian Bar dan persentil ke-90 pada bagian membaca dan menulis GRE. Keterampilan pengkodeannya telah meningkat dari pendahulunya dengan skor 71,2 persen pada tes pengkodean Python dibandingkan dengan 56 persen Claude.

Cara mengakses Claude 2

Bagi pengguna yang berada di AS atau Inggris, bisa membuka halaman Claude 2 di situs web Anthropic, dan dapat mendaftar secara gratis. Cukup klik "Talk to Claude", dan Anda akan diminta memberikan alamat email. Setelah mengonfirmasi alamat yang Anda masukkan, Anda siap mengaksesnya.

 

Apakah Claude 2 sebagus ChatGPT?

Pengembangan ini masih tahap awal, tetapi untuk sebagian besar tujuan, Claude 2 adalah alternatif yang layak untuk kinerja ChatGPT. Sebagai contoh, chatbot ditanya filosofi self-incrimination menggunakan metode Socrates, seperti dikutip dari Mashable, Rabu (12/7/2023).

Akan tetapi respons ChatGPT lebih menyeluruh dan lebih banyak dialog. Dibandingkan dengan skor tes GPT-4, yang mendukung versi andalan ChatGPT, Claude 2 sebanding meskipun sedikit lebih rendah.

Tetapi Anthropic berusaha memisahkan diri dari OpenAI dengan menjadi alternatif yang lebih bertanggung jawab dan etis. "Kami memiliki evaluasi tim merah internal yang menilai model kami pada serangkaian permintaan berbahaya yang representatif, menggunakan tes otomatis sementara kami juga secara teratur memeriksa hasilnya secara manual," kata pengumuman perusahaan.

Hal itu untuk memastikan bahwa Claude 2 tidak terlalu rentan terhadap jailbreak atau penggunaan secara tidak bertanggungjawab. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement