Rabu 12 Jul 2023 16:51 WIB

Lagi-Lagi OpenAI dan Meta Digugat, Soal Apa Kali Ini?

Komedian dan penulis Amerika menggugat Open AI dan Meta.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
ChatGPT OpenAI dan LLAMA Meta dituding dilatih pada kumpulan data yang diperoleh secara ilegal yang berisi karya milik komedian dan penulis Amerika/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/META HANDOUT
ChatGPT OpenAI dan LLAMA Meta dituding dilatih pada kumpulan data yang diperoleh secara ilegal yang berisi karya milik komedian dan penulis Amerika/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komedian dan penulis Sarah Silverman serta penulis Christopher Golden dan Richard Kadrey—masing-masing menggugat OpenAI dan Meta di Pengadilan Distrik Amerika Serikat (AS). Mereka menggugat atas klaim ganda atas pelanggaran hak cipta.

Gugatan tersebut menuduh, antara lain, bahwa ChatGPT OpenAI dan LLAMA Meta dilatih pada kumpulan data yang diperoleh secara ilegal yang berisi karya mereka. Menurut mereka itu diperoleh dari situs web “perpustakaan bayangan” seperti Bibliotik, Library Genesis, Z-Library, dan lainnya. Perpustakaan bayangan mencatat buku-buku tersebut “tersedia dalam jumlah besar melalui sistem torrent”.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Rabu (12/7/2023), Golden dan Kadrey masing-masing menolak mengomentari gugatan tersebut, sementara tim Silverman tidak menanggapi waktu pers.

Dalam gugatan OpenAI, ketiganya menawarkan pameran yang menunjukkan bahwa saat diminta, ChatGPT akan meringkas buku mereka, melanggar hak cipta mereka. Buku The Bedwetter yang ditulis oleh Silverman adalah buku pertama yang ditampilkan diringkas oleh ChatGPT dalam pameran, sedangkan sebagai contoh, seperti buku Kadrey yang berjudul Sandman Slim.

Klaim tersebut mengatakan chatbot tidak pernah repot untuk “mereproduksi salah satu informasi manajemen hak cipta yang disertakan Penggugat dengan karya terbitan mereka.”

Adapun gugatan terpisah terhadap Meta, diduga buku penulis dapat diakses di kumpulan data yang digunakan Meta untuk melatih model LLAMA-nya, kuartet dari Open-Source AI Models yang diperkenalkan perusahaan pada bulan Februari. Keluhan tersebut menjelaskan langkah-langkah mengapa penggugat percaya bahwa kumpulan data tersebut memiliki asal-usul yang tidak sah—dalam makalah Meta yang merinci LLAMA, perusahaan menunjuk ke sumber untuk kumpulan data pelatihannya, salah satunya disebut ThePile, yang dirakit oleh sebuah perusahaan bernama EleutherAI.

ThePile, menurut keluhan tersebut, dijelaskan dalam makalah EleutherAI yang disusun dari “salinan konten pelacak pribadi Bibliotik”. Bibliotik dan “perpustakaan bayangan’ lainnya yang terdaftar, kata gugatan itu,”sangat ilegal”.

Dalam kedua klaim tersebut, penulis mengatakan bahwa mereka “tidak menyetujui penggunaan buku berhak cipta mereka sebagai materi pelatihan” untuk model AI perusahaan. Gugatan mereka masing-masing berisi enam dakwaan dari berbagai jenis pelanggaran hak cipta, kelalaian, pengayaan yang tidak adil, dan persaingan tidak sehat. Para penulis mencari ganti rugi menurut undang-undang, pengembalian keuntungan, dan banyak lagi.

Pengacara Joseph Saveri dan Matthew Butterick, yang mewakili ketiga penulis, menulis di situs web litigasi LLM mereka bahwa mereka telah mendengar dari “penulis, pengarang, dan penerbit yang mengkhawatirkan kemampuan luar biasa [ChatGPT] untuk menghasilkan teks yang serupa dengan yang ditemukan dalam hak cipta bahan tekstual, termasuk ribuan buku.”

Saveri juga telah memulai litigasi terhadap perusahaan AI atas nama pemrogram dan artis. Getty Images juga mengajukan gugatan AI, menuduh Stability AI, yang menciptakan alat penghasil gambar AI Stable Diffusion, melatih modelnya pada “jutaan gambar yang dilindungi oleh hak cipta”. 

Saveri dan Butterick juga mewakili penulis Mona Awad dan Paul Tremblay dalam kasus serupa terkait chatbot perusahaan. The Verge telah menghubungi Meta, OpenAI, dan Firma Hukum Joseph Saveri untuk memberikan komentar, tetapi mereka tidak menanggapi waktu pers.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement